Saat Dibantarkan, Tersangka Korupsi Nora Butar Butar Lari

  • Whatsapp
Masyarakat Unjuk Rasa Protes Kejari Dairi Atas Penahanan Kadis dan Staf Eks Disbudparpora

Sidikalang | BN-Ratusan massa mengatasnamakan dirinya Forum Masyarakat Peduli Anak Bangsa Kabupaten Dairi, melakukan aksi protes Kamis (11/8), di halaman Kejaksaan Negeri Dairi, Jl Sisingamangaraja, Sidikalang.

Massa menuntut supaya menghadirkan “Ratu” Kapal Pesiar (Nora Butar Butar SH) dan S Simanjuntak SH mantan Kajari Sidikalang tahun 2009. Aksi tersebut dilakukan karena penahanan oknum staf di Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, sehubungan dengan kasus dugaan KKN Kapal Pesiar TA 2008-2009, dinilai tidak adil.

Bacaan Lainnya

example banner

“Hadirkan Ratu kapal pesiar baru lanjutkan kasusnya. Sebelum menangkap oknum kontraktor nakal, lepaskan Naik Kaoko, Naik Capah dan Pardamean Silalahi”, teriak massa pengunjuk rasa.

uj1

Dalam orasinya massa yang dikoordinir ketua aksi, Sutan S Sihombing menganggap Kejari tidak serius untuk menangkap tersangka N Butarbutar karena belum melakukan koordinasi dengan pihak Polres Dairi guna penangkapan dan pengamanan N Butarbutar dari persebunyiannya. Massa juga menilai, pelepasan N Butarbutar dari tahanan yang sempat ditahan dengan status tersangka merupakan permainan pihak Kejari Dairi, dengan alasan pembantaran sakit.

“Ada apa hubungan mantan Kajari S Simanjuntak dengan N Butarbutar permborong nakal itu. Seharusnya mereka yang paling bertanggung jawab atas kasus ini sehingga penangananya tidak berlarut-larut hingga sekarang”, ujar massa pengunjuk rasa.

Massa bersama tokoh masyarakat Pakpak menyebutkan agar pihak penegak hukum harus benar-benar melakukan kinerja dengan baik sehingga pelaku kejahatan dapat ditangkap dengan segera mungkin, kami meminta saudara P Silalahi, N Kaloko dan N Capah agar dibebaskan dari tuntutan hukum karena tidak relevan pihak pengadu ditahan dan dipenjarakan. Sementara yang dilaporkan malah bebas berkeliaran sampai saat ini akibat dalih pembantaran yang diberikan S Simanjuntak SH.

Saat melakukan aksi di halaman Kejari para massa pengunjuk rasa mendapat pengawalan ketat dari Kepolisian, TNI dan Satpol PP Dairi. Dibawah guyuran hujan massa pengunjuk rasa meminta Kajari Johnny Pardede SH menemui massa pengunjuk rasa, namun Kajari tidak berada ditempat dan massa pengunjuk rasa akhirnya diterima Kasi Pidsus Yunius Zega.

uj2

Dalam sambutannya Zega mengatakan, kami sangat mengapresiasi kedatangan saudara-saudara terhadap apa yang disampaikan apa yang dipertanyakan serta keberadaan N Butarbutar,  penanganan perkara ini sedang berlangsung tetapi sampai saat ini N Butarbutar status DPO dan kami sudah melakukan penyidikan.

“Penyidikannya telah lama berlangsung sejak 2010, yang namanya DPO kami bersama pihak penegak hukum dari kepolisian sudah tau bagaimana proses yang namanya DPO dan apabila  saudara-saudara menemukan keberadaan N Butarbutar dimanapun berada bisa langsung diamankan dan menyerahkan kepada kami “jelasnya.

Pantauan wartawan sebelum melakukan aksinya massa berkumpul di Gedung Nasional Djauli Manik kemudian long march sambil membawa spanduk menuju Kejaksaan Dairi dan dilanjutkan ke kantor Bupati kemudian membubarkan diri kembali ke Gedung Nasional Djauli Manik. Unjuk Rasa berjalan aman dan tertib meskipun aksi unjuk rasa sempat membuat jalan SM Raja Sidikalang mengalami kemacetan. (bd.007)

Pos terkait