Petrus Kasihiw Serahkan DPA Secara Simbolis

BINTUNI | Bongkarnews.com – Bertempat di Aula Sasana Karya Kantor Bupati, Kepala Daerah Kabupaten Teluk Bintuni Ir Petrus Kasihiw MT menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun 2019.

Dalam Sambutannya Bupati mengatakan, penyerahan DPA yang ke 3 dalam pelaksanaan RPJMD, sehingga perlu dilakukan review (pemeriksaan _red) oleh Bappeda, sehingga kegiatan penyaluran anggaran tersebut dapat berjalan dengan baik.

“Saya perintahkan kepada Bapedda untuk mereview, penyerahan DPA ini sebagai simbol bahwa pelaksanaan pelayanan masyarakat berjalan dapat berjalan kembali, saya berharap agar kegiatan tersebut dapat berjalan normal,” ujarnya, Rabu (20/2/2019).

Dan Penyerahan DPA tersebut merupakan kerja keras yang perlu di apresiasi pasalnya dari sekian kabupaten di provinsi Papua Barat baru kabupaten teluk Bintuni yang menyerahkan DPAnya, selain itu DPA untuk Bintuni disetujui oleh kementerian keuangan Republik Indonesia pada 31 Januari lalu.

Menurut Bupati, penyerahan DPA Tersebut lebih di utamakan kepada para kepala distrik kerena wilayah Distrik merupakan ujung Tombak dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat, dan di harapkan kepada kepada kepala OPD yang belum melengkapi Dokumen untuk segera berkordinasi dengan BPKAD.

“Pimpinan OPD sangat bertanggung jawab terhadap uang satu sen pun yang digunakan, ini perlu adanya pengawasan kepada semua pimpinan OPD hingga Bupati, sehingga tidak ada kebocoran,” ujarnya.

Dari pengalaman pada tahun 2017, ada laporan yang masuk sehingga apa yang telah menjadi hak masyarakat harus di berikan kepada masyarakat dan apa yang telah menjadi hak pegawai diserahkan kepada pegawai.

Bupati juga mengatakan bila pihaknya telah melakukan kesepakatan bersama KPK, sehingga disarankan untuk tidak pernah untuk mencoba-coba, karna semua kegiatan tersebut telah diawasi, bila tidak ingin susah alangkah baiknya bekerja mengikuti aturan dan prosedur.

Untuk OPD, agar segera menyelesaikan laporan pertanggung jawaban 2018 karena saat ini baru dilakukan audit BPK, bila sudah selesai akan diserahkan DPA 2019 kembali, terkecuali bantuan untuk orang sakit dan pelajar.

Bupati juga berharap hasil dari pemeriksaan BPK tersebut mendapat hasil Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), bila hal tersebut terjadi maka Kabupaten Teluk Bintuni mendapatkan WTP yang ke enam kalinya.

“Kita berharap hasil pemeriksaan WTP, ini kalau WTP berarti yang ke 6, berati kita ada 5 kali WTP yang bersih, maka kita akan mendapatkan penghargaan,” ujarnya (hs/SP)

Bupati Ir Petrus Kasihiw MT didampingi Wakil Bupati Matret Kokop SHmenyerahkan DPA kepada Pimpinan OPD dan Kepala Distrik.

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas