Bupati ‘Petrus Kasihiw’ Tinjau Lokasi Pembangunan PLTD Baru

BINTUNI | bongkarnews.com – Bupati Teluk Bintuni, Ir.Petrus Kasihiw,MT meninjau lokasi pembangunan PLTD baru yang beralamatkan di Kampung Tolak,Distrik Bintuni.

Pada kesempatan itu, Manajer Unit Layanan Pelanggan PT PLN (Persero) Bintuni, Iskandar Idris, juga turut mendampingi Bupati pada saat peninjauan, Selasa (14/5).

Bupati Teluk Bintuni pada kesempatan itu juga mengatakan, listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Dan adanya perkembangan Bintuni secara otomatis kebutuhan listrik untuk umum dan industri semakin besar.

“Memang ada pemasok listrik dari BP Tangguh, tapi banyak sekali hambatan- hambatan teknis. Sehingga 4 Mega dari BP Tangguh semuanya tidak masuk di sini (Bintuni,red),” tuturnya.

Petrus Kasihiw melanjutkan, maka dari itu Pemda Teluk Bintuni dan PT. PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat mencari solusi, yakni pemda menyediakan lahan bagi PLN untuk membangun PLTD baru, sehingga memindahkan peralatan-peralatan di PLTD lama dapat dilakukan ke lokasi baru. Dukungan lain juga diberikan seperti perijinan dan pembersihan jaringan, ujar Bupati.

Iskandar Idris juga menjelasakan, pada bulan Juni 2019, pembangunan fasilitas PLTD yang baru selesai dan beroperasi, sehingga dapat menenuhi kebutuhan listrik tak kala terjadi gangguan pasokan listrik dari LNG Tangguh. Dengan begitu, tak ada lagi jadwal pemadaman bergilir di Bintuni.

“Setelah PLTD baru ini beroperasi, maka kekurangan daya akan melebihi karena mesin 3,5 KW (kilowatt) ditambah mesin yang ada 3,2 KW, sementara beban puncak di malam hari 3,8 KW, dan siang hari beban puncak 3,2,” ungkap Manajer (hum/HS)

EPAPER BONGKARNEWS

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas