Sebanyak 929 Peserta Akan Mengikuti MTQ ke- 34 Aceh Utara

ACEH UTARA | Bongkarnews.com – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-34 tingkat Kabupaten Aceh Utara akan dibuka oleh Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib pada Jumat malam, (22/2 ). Persiapan yang telah dilakukan oleh panitia pelaksana sudah cukup matang, termasuk dalam hal pemondokan para kafilah dan lokasi mimbar pelaksanaan setiap cabang yang diperlombakan.

Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Utara Tgk M Idris, SE, didampingi Kabag Humas Setdakab Aceh Utara Andree Prayuda, SSTP, MAP, mengatakan MTQ ini akan diikuti oleh peserta sebanyak 929 orang, dan pendamping atau ofisial dari masing-masing kecamatan sebanyak 5 orang. Kata Tgk.Idris pada media ini ( 20/2 ).

Untuk itu, pihaknya telah mempersiapkan lokasi pemondokan di lima gampong dalam Kecamatan Lhoksukon yang dekat dengan lokasi arena MTQ.

Kelima gampong tersebut, yakni Gampong Ranto (untuk kafilah dari Kecamatan Sawang, Syamtalira Aron, Nibong, Pirak Timu, Lhoksukon, Baktiya Barat), Gampong Alue Muden (kafilah Kecamatan Muara Batu, Nisam Antara, Geureudong Pase, Meurah Mulia, Tanah Pasir, Cot Girek, dan Langkahan). Sebutnya.

Selanjutnya Gampong Tutong (untuk kafilah Kecamatan Dewantara, Kuta Makmur, Lapang dan Payabakong), Gampong Alue Drien (kafilah Kecamatan Nisam, Banda Baro, Simpang Keuramat, Matangkuli, Baktiya dan Seunuddon), serta Gampong Keutapang (kafilah Tanah Luas, Syamtalira Bayu, Samudera dan Tanah Jambo Aye). Imbuhnya

Sementara untuk lokasi mimbar perlombaan, menurut Tgk M Idris, dimana mimbar utama berada di lapangan sebelah timur Kantor Bupati di Landing. Sedangkan untuk cabang qiraat sab’ah lokasi perlombaannya di aula Kantor Kemenag Aceh Utara, cabang hifzil qur’an di aula Kantor Kesbang Pol, cabang syarhil qur’an di aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Sebut lagi Tgk.Idris

Berikutnya, untuk cabang fahmil qur’an mengambil lokasi di aula Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan terakhir untuk cabang tafsir, khattil dan MMQ perlombaannya mengambil tempat di gedung SKB Aceh Utara. Ujarnya

Menurut data yang telah diterima oleh panitia MTQ ke – 34 Aceh Utara diantaranya, Kecamatan Dewantara mengirim peserta terbanyak untuk MTQ ke-34 Aceh Utara, yaitu 51 orang, sementara Matangkuli dan Baktiya masing-masing mengirim 50 peserta, sedangka kecamatan lainnya, masing-masing Kecamatan Sawang 29 orang, Muara Batu 42 orang, Nisam 38 orang, Banda Baro 41 orang, Nisam Antara 30 orang, Simpang keuramat 33 orang.

Selanjutnya Kuta Makmur 44 orang, Syamtalira Bayu 31 orang, Geureudong Pase 17 orang, Samudera 31 orang, Meurah Mulia 35 orang, Syamtalira Aron 36 orang, Tanah Pasir, 32 orang, Lapang 26 orang, Tanah Luas 35 orang, Nibong 30 orang, Paya Bakong 23 orang, Pirak Timu 29 orang, Lhoksukon 34 orang, Cot Girek 29 orang.

Sedangkan kafilah Baktiya Barat mengirim 40 peserta, Seunuddon 33 peserta, Tanah Jambo Aye 42 peserta dan Kecamatan Langkahan sebanyak 18 peserta.

Menurut Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Utara Tgk M Idris, pada malam pembukaan MTQ ke-34 ini pihaknya juga akan menyerahkan bonus kepada para juara MTQ ke-33 tingkat Provinsi Aceh tahun 2017 lalu yang saat itu telah mengharumkan nama Kabupaten Aceh Utara. Bonus itu seyogianya diserahkan pada tahun 2018 lalu, namun karena beberapa kendala maka akan diserahkan pada momen pembukaan MTQ ke-34 Jumat malam mendatang. Tutupnya Tgk.Idris.( SF ).

EPAPER BONGKARNEWS

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas