Kadis Kominfo Dairi imbau Masyarakat Bijak Gunakan Medsos

  • Whatsapp

DAIRI | bongkarnews – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dairi, Rahmat Syah Munthe mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Dairi agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial (medsos).

Disebutkannya, sekarang ini semua informasi sangat mudah diperoleh melalui medsos seperti Whatshap, Facebook, Twiter, dan Instagram serta sangat mudah juga beropini di medsos tersebut. Dengan medsos penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi.

Bacaan Lainnya

example banner

“Di zaman sekarang ini semua berita dapat diakses lebih cepat dan lebih mudah melalui medsos, namun kita harus teliti dan berhati hati atas informasi tersebut,” kata Rahmat kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (15/4/2021).

Karena itu, dirinya mengajak semua pihak agar lebih bijak dalam menggunakan medsos. Jangan hanya menerima dengan mentah, tapi pastikan juga kebenaran dari berita tersebut.

“Ketika menulis pendapat, tulislah dengan kata-kata yang baik, benar dan pastinya tidak memprovokasi agar apa yang disampaikan bisa diterima dengan baik. Manfaatkanlah media sosial sebagai sarana untuk menyampaikan pendapat, sebagai sarana berinteraksi bukan sebagai tempat untuk saling menghina seseorang karena adanya perbedaan,” harapnya.

Ditanya terkait keberadaan grup-grup facebook, Rahmat meminta kepada pengelola atau admin group facebook harus lebih selektif, dimana menyebarluaskan informasi sangat bagus, tetapi kalau kontennya menyerang pribadi seseorang dan terkesan memprovokasi maka para admin harus selektif, dan admin jangan membiarkan kepada akun-akun bodong merajalela di dalam grup tersebut.

“Undang-undang IT sudah mengatur, saat ini juga ada polisi virtual. Maka sebelum memposting foto, berita atau hal lain di media sosial, masyarakat Dairi harus teliti agar tumbuh budaya positif,”ujar Rahmat.

(BD.007)

 

Pos terkait