Ir Petrus Kasihiw MT : Mari Ciptakan Pemilu Aman, Damai dan Sejuk

BINTUNI | Bongkarnews – Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) milik Pemda KabupatenTeluk Bintuni, Badan Kesatuan, Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Teluk Bintuni dan Kepolisian Resort (Polres) Teluk Bintuni, melakasanakan kegiatan Rapat Kordinasi Lintas Sektoral Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni dalam rangka penyelengaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang aman, damai dan sejuk.

Kegiatan di buka oleh Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, Ir Petrus Kasihiw MT, Kamis (22/11/2018).

Dihadapan peserta rapat Bupati menyampaikan, bahwa Pemilu 2019 merupakan pesta demokrasi yang durasinya berlangsung cukup panjang.

“sekitar 400 hari dan berakhir Oktober 2019 mendatang dengan agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden ” ucapnya.

Untuk itu keberhasilan Pemilu tergantung sinergitas semua sektor yang terkait, sehingga sinergitas harus kita bangun sejak dini, kata Bupati menjelaskan.

Bupati juga berharap kepada stakeholder agar saling memberikan sumbang saran dan masukan serta menyampaikan persepsi dalam mengambil kebijakan sehingga pemilu serentak 2019, berjalan aman, damai dan sejuk, pintanya.

Lanjutnya, stakeholder juga harus lebih bijak dalam menyikapi isu-isu. Bupati memberikan contoh, seperti “Isu hak pilih, pelaksanaan kampanye, pelaksanaan pemungutan suara, ajudikasi keberatan pemilih, pengawasan Pemilu, representasi gender dan minoritas hingga tahapan proses pencalonan ” ujar Bupati

Bupati juga menaruh harapan kepada KPU Teluk Bintuni dan Bawaslu Teluk Bintuni agar semakin intens dalam melaksanakan tugas dalam penyiapan Pemilu 2019.

” KPU dan BAWASLU harus mempersiapkan logistik sarana dan prasarana serta pemutahiran data pemilih, maupun langkah – langkah sosialisasi Pemilu secara berkesinambungan baik kepada personil penyelengara maupun kepada masyarakat pemilih ” Kata Bupati.

Bupati melanjutkan lagi, terkait dengan penyelenggaraan Pemilu yang bebas dan adil serta terbatas dari dimensi kontestasi. KPU dan BAWASLU harus terus meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dini terhadap situasi potensi yang dapat menggangu situasi sosial politik serta keamanan dan ketertiban di masyarakat, baik sejak mulai tahapan Pemilu hingga berakhirnya penyelenggaran Pemilu.

“Dengan meningkatkan deteksi dan cegah dini dini terhadap seluruh gejala yang muncul di masyarakat agar tidak berkembang menjadi komplikasi yang lebih besar, sedangkan tingkat kesuksesan Pemilu serentak dapat di ukur dari adanya peningkatan partisipasi masyarakat” jelasnya.

Bupati juga mengajak memberantas money politik (politik uang) maupun kampanye kampanye yang berisi ujaran kebencian, dan bijak mencermati kampanye secara baik, khususnya yang sedang marak saat ini, seperti konten politis di media sosial.

Bupati juga mengajak dan menghimbau seluruh elemen masyarakat agar jangan mudah terpengaruh dengan isu -isu politik yang sengaja dengan tujuan untuk menciptakan kekacauan pada pelaksanaan pemilu 2019 nanti.

“Mari secara dewasa kita sikapi pesta demokrasi, dengan suksesnya pemilu 2019 maka kita semua telah berkontribusi dalam membangun pondasi yang kokoh yang kokoh untuk melanjutkan pembangunan demi kesejahteraan bersama ” ajak Bupati.

Kegiatan rapat kordinasi lintas sektoral dihadiri Kepala Kejari Teluk Bintuni, Ketua DPRD Kabupaten Teluk Bintuni, Ketua Pengadilan Manokwari, Kapolres Teluk Bintuni, Ketua Bawaslu Kabupaten Teluk Bintuni, Ketua KPU Kabupaten Teluk Bintuni, pengurus dan Caleg Partai Politik, beberapa kepala OPD serta para kepala Distrik di lingkup pemerintahan Pemda Kabupaten Teluk Bintuni. (HS)

EPAPER BONGKARNEWS

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas