Pj Walikota P.Siantar Berangkatkan Calon Jamaah Haji Ke Tanah Suci Mekkah

  • Whatsapp

Pematangsiantar -BN.

Isak tangis bercampur rasa haru tak terbendung ketika gema azan dikumandangkan pada acara pelepasan 96 orang Calon Jamaah Haji/Hajjah asal Kota Pematangsiantar oleh Penjabat (Pj) Walikota Drs.Jumsadi Damanik, SH.M.Hum, Minggu pagi (21/8) di Balai Kota Jalan Merdeka. Lambaian tangan para jamaah Calon Haji/Hajjah dan masyarakat mengiringi keberangkatan tamu Allah itu ke tanah suci Mekkah.

Bacaan Lainnya

Pj Walikota mengatakan, bahwa orang yang menunaikan ibadah haji merupakan orang-orang pilihan yang dipanggil Allah SWT untuk datang ke tanah suci. Karena tidak semua umat muslim memiliki kesempatan memenuhi panggilan Allah SWT untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut serta mengharapkan rido Allah menjadi haji yang mabrur. “Kepada seluruh jemaah Haji/Hajjah yang berangkat agar mempersiapkan mental dan fisik yang kuat. Karena saat pelaksanaan ibadah haji sangat membutuhkan tenaga, fisik yang kuat dan kebugaran,”katanya.

Para tamu Allah juga diingatkan bahwa dalam melaksanakan ibadah di tanah suci Makkah nantinya, tetap semangat dan senantiasa berserah kepada Allah SWT. Karena pelaksanaan ibadah haji punya tantangan sangat berat, sehingga semua harus dipulangkan kepada Allah. “Apalagi kita akan berjalan jauh, yang akan dikerjakan sangat berat, tinggalkan kampung halaman. Maka semuanya kita tumpangkan dan titipkan sepenuhnya kepada Allah SWT. Karena kita tidak dapat beribadah tanpa kekuatan Allah. Kita tidak bisa hadir memenuhi panggilannya tanpa seizin dan anugerah dari Allah SWT,”imbuh Pj Walikota.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pematangsiantar, Drs. H. Abdulrahman Harahap,MA melaporkan, pada tahun 2016.M/1437.H ini jumlah calon haji yang akan berangkat berjumlah 96 orang. Terdiri dari 53 orang Perempuan dan 43 orang Laki-laki. Dari 96 orang jemaah haji yang berangkat, jemaah tertua laki-laki yakni Sudim Saragih Bin Likkar Saragih dengan usia 82 tahun 5 Bulan. Jamaah perempuan tertua Zahria Binti Abdul Malik usia 78 tahun 5 Bulan. Sedangkan jemaah termuda laki-laki adalah Zulfikar Hasibuan Bin Hujung Hasibuan usia 44 tahun 5 Bulan, dan perempuan Elis Nawati Binti Hartono usia 37 tahun 4 Bulan.

Ditambahkan, bahwa jamaah haji  Kota Pematangsiantar masuk Kloter 11 gelombang 1 yang bergabung dengan Kabupaten Simalungun, Tanjung Balai, Tapanuli Tengah, Sibolga, dan ditambah petugas kloter 5 orang serta perorangan 4 orang. Sehingga keseluruhan berjumlah 392 orang. Para jamaah  dijadwalkan masuk Asrama Haji Medan pada 21 Agustus 2016 dan Insyah Allah akan terbang pada hari Senin 22 Agustus 2016 sekitar pukul 07.45 Wib, dengan pesawat Garuda Boeing 777 nomor penerbangan GA 3211 dari Bandara Internasional Kualanamu. Diperkirakan, mereka tiba di bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madina pada hari Senin 22 Agustus 2016 pukul 11.45 WAS.

Jumlah jamaah haji Kota Pematangsiantar yang masuk Waiting List (sedang antri) sebanyak 1.589 orang. Artinya jika mendaftar hari ini harus menunggu sampai dengan tahun 2032 atau 16 tahun yang akan datang.

Keberangkatan 96 orang tamu Allah ke tanah suci Mekkah untuk menunaikan rukun Islam kelima ini menggunakan 3 Bus Pariwisata menuju Medan, ditandai dengan azzan dan salam- salaman dengan Pj.Walikota Ketua Tim PKK Ny.Khodijah Jumsadi Damanik, angota DPRD Boy Paradi Purba, Nurlela Sikumbang, mewakili Kejari, Kapolres, dan Ketua MUI Kota Pematangsiantar H.M Ali Lubis, yang sekaligus membawakan doa pemberangkatan. Para  sanak keluarga dan kerabat calon jamaah haji juga tampak memadati halaman Balai Kota Pematangsiantar. (PS.001).

Pos terkait