Masyarakat Miliki Peran Strategis Dalam Penentuan Komisioner KPU

Liputan Mondo

BINTUNI | Bongkarnews.com – Seleksi Anggota Komisioner KPU Teluk Bintuni Periode 2018 – 2023 Wilayah I Manokwari Raya, telah melewati Tes Administrasi (CAT) Psikologi dan berhasil menjaring total 25 Calon Anggota Komisioner KPU, yang akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni Tes Kesehatan, dilanjutkan Wawancara dengan Materi Penyelenggaraan Pemilu serta Klarifikasi Tanggapan Masyarakat sesuai dengan amanat Undang-undang pemilu yang termuat dalam PKPU nomor 7 tahun 2018.

Bacaan Lainnya

Komisioner KPU Teluk Bintuni, Nazil Hilmi ketika ditemui diruang kerjanya, senin (14/5) lalu, mengatakan bahwa seleksi Anggota KPU kali ini sedikit berbeda, dan nantinya Anggota yang dihasilkan melalui tahapan-tahapan seleksi ini, benar-benar akan menghasilkan Komisioner yang amanah, beretika, dan berwawasan dalam menegakkan Sistem Demokrasi di Indonesia, khususnya Teluk Bintuni.

“Kalau kita lihat sesuai dengan tahapan, dan ketentuan dalam seleksi kali ini, saya optimis anggota KPU yang dihasilkan akan benar-benar berkualitas dan mencerminkan KPU yang amanah dalam penegakkan demokrasi” ujar Nazil.

Dikatakan demikian karena dalam seleksi ini, akan melibatkan masyarakat dalam penentuan Komisioner KPU.

Lebih lanjut nazil mengatakan bahwa peran masyarakat dalam penentuan Komisioner dapat berupa Surat tertulis kepada KPU, Lisan, maupun melalui media Sosial, maupun Media Massa, baik cetak , elektornik dan online.

“Nanti ketika masyarakat melihat daftar nama anggota komisioner yang lulus, kemudian mengetahui temuan-temuan adanya kesalahan calon anggota, baik perdata. maupun pidana. Misalnya ijazah palsu, terlibat narkotika, beristri dua, terlibat ormas, parpol dan cacat hukum lainnya, dan memiliki bukti yang kuat. silahkan melapor kepada KPU secara tertulis, lisan maupun melalui media massa. DKPP sebagai Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu akan menindak lanjuti, jika serius akan di nyatakan gugur demi hukum” terangnya menambahkan.

“Saat ini sudah terjaring 25 calon anggota yang terdiri dari 21 pria dan 4 wanita dari berbagai kalangan”.

Seleksi Anggota KPU Teluk Bintuni Wilayah I Manokwari Raya merupakan KPU dengan Anggota Komisioner terbanyak yaitu 5 Komisioner dibandingkan KPU Kab/Kota lainnya di Provinsi Papua Barat, dikarenakan letak geografis bintuni yang sangat luas, walaupun memiliki jumlah penduduk cenderung lebih sedikit dibandingkan wilayah lain.

Tahapan selanjutnya, yakni Tes Kesehatan dan Wawancara serta Tanggapan Masyarakat nantinya akan menyisakan 10 orang calon , dimana 5 calon yang lolos kualifikas tertinggi akan menduduki jabatan sebagai Komisioner KPU, dan 5 lainnya menunggu dalam daftar PAW (Penggantian Antar Waktu) apabila setelah keputusan maupun pelantikan, ditemukan cacat hukum perdata maupun pidana pada Komisioner aktif, akan langsung dicopot dan diganti oleh daftar PAW.

Pos terkait