Gemar Siak Berzakat Kumpulkan Dana Tembus 1,2 Miliar

Bupati Siak H Syamsuar dinobatkan sebagai Duta Zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Siak, pada pelaksanaan Gerakan Masyarakat (Gemar) Siak Berzakat, Jumat siang (16/06/17). Penghargaan yang diserahkan selepas pelaksanaan Sholat Jumat Berjamaah tersebut diberikan, karena tak banyak kepala daerah yang peduli dengan syiar zakat,  sebagaimana komitmen yang telah ditunjukkan Syamsuar pada tujuh tahun terakhir sejak kepemimpinannya di Negeri Istana.

Selain didaulat menjadi Duta Zakat, Syamsuar juga berkesempatan menjadi petugas Amil penerima Zakat dari tokoh masyarakat, para pejabat, pengusaha serta masyarakat yang berkumpul untuk membayarkan zakat di Mesjid Agung Sultan Syarif Hasyim di kompleks Islamic Center Madinatul Ulum Siak Sri Indrapura. Beberapa penghargaan lain misalnya penghargaan Unit Penerima Zakat (UPZ) Kecamatan terbaik juga turut diserahkan kepada Kecamatan Lubuk dalam. Sementara penghargaan UPZ terpavorit yang diraih UPZ PT.PKS Kebun Lubuk Dalam.

Bacaan Lainnya

Bupati Siak H. Syamsuar mengaku gembira dengan pertumbuhan potensi zakat di Kabupaten Siak ini ternyata terus bertumbuh. Namun kata dia, upaya menghimpun dana ummat tersebut masih terkendala oleh banyak muzakki yang belum menyalurkan zakatnya melalui UPZ resmi. Untuk itu lanjut dia, sebagai pemimpin sudah menjadi kewajibannya untuk mengajak semua pihak baik ASN maupun masyarakat luas untuk menyalurkan zakat kepada lembaga resmi.

“Badan Amil Zakat itu secara Hukum Islam maupun hukum negara juga sudah sangat jelas, jadi apabila kita tidak memberikan kepercayaan terhadap lembaga resmi ini, sasaran pemerintah untuk menangulangi dan mengentaskan kemiskinan itu tentu tidak dapat tercapai dengan baik” sebut Syam.

Orang Nomor Satu di negeri Istana itu juga tampak tak henti mengucap syukur, begitu mengetahui pencapaian pengumpulan dana ummat bersumber zakat tersebut ternyata melampaui pencapaian tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah pengumpulan zakat tahun ini lebih besar dari tahun lalu yang hanya berjumlah 1 miliar. Dari Gerakan Masyakat Siak Berzakat tahun ini telah terkumpul dana 1,222 Miliar lebih. Itupun belum termasuk pengumpulan dana zakat di Kecamatan Pusako dan Kecamatan Tualang dengan jumlah penduduk terpadat di kabupaten Siak” sebutnya.

Melalui pencapaian itu, Syamsuar juga berupaya menjawab tantangan dan  tanggungjawabnya sebagai pemimpin dalam mengentaskan kemiskinan, dalam prakteknya dapat dilakukan melalui berbagai cara dan tidak hanya mengandalkan sumber dana APBN maupun APBD saja Siak.

“Saya mengajak seluruh UPZ baik tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kepala Kantor Urusan Agama dan perangkat Desa, mari terus kita tingkatkan ikhtiar kita. Segera tuntaskan upaya inventarisir  semua muzakki kita, agar bisa ditindaklanjuti menunaikan zakat dilembaga resmi” tutupnya.

 

 

Pos terkait