Demi Kelancaran Tugas Mengawal Pilkada Mobil Camat Harus Creng

  • Whatsapp

BIREUEN | BN – Menjalankan tugas sebagai Bupati Plt pada item fokus pilkada, Ir Mukhtar Abda Msi menganggap beratnya tugas kepala pemerintahan dikecamatan dalam mengawal proses kelangsungan pilkada jujur, damai dan berwibawa mulai dari desa pedalaman, menyeluruh sampai desa bagian pesisir.

Untuk Menunjang program dimaksud disimpulkan jika sarana transportasi yang memadai merupakan modal utama supaya tujuan tersebut akan tercapai. Berlandaskan program tersebut maka sebanyak 17 unit mobil plat merah milik camat dari 17 kecamatan di Kabupaten Bireuen terlihat apel tertib dihalaman pendopo Bupati Bireuen, Jumat 18 November 2016.

Bacaan Lainnya

Maksud dari 17 unit Mobil milik “wedana” di Kabupaten Bireuen membentuk barisan sesuai arahan Bupati Mukhtar Abda yang diarahkan kepada Kabid Aset dan juga Plt Kabag Umum setdakab Bireuen Sulaiman SP melakukan pengecekan kondisi kelayakan pakai mobil kepala pemerintahan kecamatan se Kabupaten Bireuen, terutama dalam menjalankan tugas ekstranya mengawal pilkada mendatang.

Amatan Bongkar News, sulaiman didampingi beberapa PNS jajarannya melakukan pengecekan akurat terhadap kondisi per unit mobil. Bahkan, demi tepatnya sasaran dan tugas yang diemban Sulaiman sengaja mendatangkan seorang montir, pekerja bengkel mobil terdekat untuk mendapatkan hasil terperinci apa-apa saja bahan yang mesti ditangani dalam setiap unit mobil.

Menurut Keterangan Sulaiman kepada wartawan media ini disela-sela waktu tunggu selesainya tugas montir yang Nampak sedang serius menjalankan tugasnya, anggaran yang diperlukan berfariasi sesuai tingkat kerusakan yang harus diantisipasi. “Jadi perhitungan awal oleh ahli bidangnya akan melahirkan kesimpulan fear tanpa terkesan pemborosan,” ujar Sulai.

Mobil dinas camat di Kabupaten Bireuen masih mengandalkan mobil tahun rendah yang pengadaannya dimulai sejak tahun 2004 – tahun 2006. Sehingga dari jumlah 17 unit yang terlihat dalam barisan adalah Jenis Toyota Kijang Kapsul Tahun 2004 dan Toyota Avanza keluaran tahun 2006.

“Mobil saya pakai butuh pemasangan AC dan satu pasang ban luar bagian depan,” ungkap Camat Samalanga H Jamaluddin seraya menunjukkan mobil jatahnya Toyota Avanza BL 195 Z yang disopiri Ikhsan Gade.

Lain halnya dengan kondisi Toyota Kijang Kapsul Tahun 2004 yang dijatahkan untuk Jalaluddin Camat Kecamatan Jeunieb. Toyota Kijang BL 126 Z berwarna biru pekat itu kini terlihat sudah terlapisi cat dasar alias cat dompul pada bagian badan luar.

Selain butuh dana sedikit melebihi dibanding yang lainnya untuk memodifikasi kembali warna dasarnya termasuk melengkapi kondisi bagian dalam yang juga sudah terlihat amburadul alias “meu tak uyab”.

Menurut pemakainya Jalaluddin, Toyota Kijang yang sekarang ditangannya itu dari diterima dari pejabat sebelumnya kondisi cat luarnya sudah sebegitu. “Rencananya mau direnovasi oleh camat terdahulu. Baru siap dilakukan proses dompul, taunya udah terjadi proses mutasi jabatan dengan saya, maka seerti itulah kelihatan bodynya,” ungkap Jalaluddin Camat Jeunieb sekarang.

Yang pasti menurut Plt Bupati Bireuen Ir Mukhtar Abda Msi, melalui koordinasi dengan pihak legislative, dirinya akan berupaya mengais keperluan dana terutama dari kas daerah anggaran perubahan APBK 2016.

Meskipun mungkin karena alasan terbatasnya persediaan anggaran tidak mencukupi untuk membuat mulus semua luar mobil, namun menyangkut kondisi mesin penting dan harus diperbaiki, hingga benar-benar dalam kondisi Creeng.

“Setelah sarana transportasi sudah membaik tak ada hambatan lainnya saat Pak Camat bertujuan menjangkau jarak desa-desa dalam kecamatannya, yang pastinya akan menunjang kelancaran tanggungjawabnya dalam Pilkada mendatang,” demikian menurut Bapak Bupati Plt Ir Mukhtar Abda Msi ditemui saat baru pulang Jum’atan diseputaran kediamannya kawasan Desa Pulo Kiton, Kota Juang Bireuen Jumat 18 November 2016. (Roesmady)

Pos terkait