Bupati Pakpak Bharat Ikuti Peluncuran Literasi Digital Nasional

  • Whatsapp

PAKPAK BHARAT | bongkarnews.com – Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor bersama Wakil Bupati H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd mengikuti peluncuran Literasi Digital Nasional Kementerian Komunikasi dan Informatika hari ini (20/5/2021).

Acara yang dihelat melalui aplikasi daring oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika ini diikuti seluruh Bupati/Walikota se Indonesia melalui aplikasi zoom Meeting serta turut dihadiri oleh Presiden RI Ir. H Joko Widodo serta beberapa Menteri terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

example banner

Sementara itu Franc Bernhard Tumanggor sendiri mengikuti acara ini dari Ruang Rapat Sindeka di kompleks Kantor Bupati Pakpak Bharat bersama  Sekretaris Daerah Pakpak Bharat Sahat Banurea, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Aryanto Tinambunan, S.P, M.Si dan beberapa pejabat lainnya.

Presiden Joko Widodo dalam arahannya antara lain menyampaikan supaya gerakan ini terus mengelinding dan bekembang semakin besar, serta mendorong berbagai inisiatif di tempat lain untuk melakukan kerja-kerja nyata dimasyarakat agar semakin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif.

Presiden juga menilai banyaknya tantangan di ruang digital saat ini dan semakin besar, hal ini antara lain ditandai dengan munculnya konten-konten negatif dan meningkatnya kejahatan dunia maya.

Hoaks, penipuan daring, perjudian online, ekploitasi seksual terhadap anak, perundungan siber, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital dan konten negatif lainnya, hal ini perlu diwaspadai secara terus-menerus karena merupakan ancaman besar bagi persatuan dan kesatuan bangsa, ungkap Presiden yang akrab disapa Jokowi ini dalam arahannya.

Kita harus tingkatkan kecakapan digital masyarakat agar mampu menciptakan konten-konten positif dan kreatif serta mendidik, menyejukkan dan menyerukan perdamaian, tegasnya kemudian.

Presiden juga berharap dengan keberadaan koneksi digital masyarakat bisa menggali suatu manfaat dan memberi nilai tambah bagi masyarakat. Internet harus menjadi sara peningkatan produktivitas masyarakat, mendorong UMKM naik kelas, sehingga nantinya masyarakat yang melek IT akan mampu menambah nilai ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat, ungkap Presiden mengakhiri arahannya.

Usai mengikuti acara ini, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor berpesan supaya pemanfaatan teknologi informasi berbasis online ini tidak hanya untuk kepentingan sosial semata, bahwa kemudahan teknologi digital saat ini harus dimanfaatkan khususnya oleh masyarakat milenial guna mengembangkan wawasan, kualitas dan kapasitas diri masing-masing.

(SPM)

Pos terkait