PP Lonsum Dituding Cemari Lingkungan - Bongkarnews

Sitename

Description your site...

PP Lonsum Dituding Cemari Lingkungan

47298 KALI DIBACA
PP Lonsum Dituding Cemari Lingkungan

PDA

Labusel- BN.
PT PP London Sumatera (Lonsum) Sei Rumbia Estate, Kecamatan Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), dituding banyak menimbun masalah. Seperti bina lingkungan, pencemaran dan sejumlah kasus lainnya.

Ini terkuak ketika aksi demo aktivis lingkungan hidup yang tergabung dalam Labusel Green Community (LGC), Kamis pekan lalu.

Irfan Rifai Nasution Pimpinan aksi bersama rekan rekannya Hasbullah dan Andi Syahputra melakukan orasi, mengkritisi sejumlah permasalahan yang terjadi di PT PP Lonsum.

Mereka juga meminta manajemen menunjukkan dokumen Amdal, bukti kepemilikan izin lingkungan, izin pengelolaan limbah B3, hasil uji berkala mutu air dan lainnya, serta izin penggunaan air bawah tanah maupun permukaan.

“Kami mendapatkan informasi banyak pelanggaran yang terjadi, mulai dari izin hingga kepedulian terhadap masayarakat sekitar daerah operasional perusahaan,” ucap Irpan.

Hampir satu jam massa berorasi menyampaikan aspirasinya dengan mendapat pengawawalan dari pihak kepolisian dan security perusahaan PT Lonsum Sei Rumbya Estate tersebut tidak disahuti pihak manajemen, akhirnya massa kemudian memilih membubarkan diri dan berjanji akan melakukan aksi lebih besar lagi di Medan.

Kirjan, General Manajer Perusahaan Perkebunan PTPP. Lonsum Sei Rumbia Estate saat dikonfirmasi, membantah tudingan tersebut. Menurutnya, segala bentuk izin yang berkaitan dengan operasional perusahaan sudah dimiliki.

“Saya juga nggak tahu informasi itu dari mana. Bahkan izin mengalirkan limbah ke badan air kami miliki, walau kami tidak membuangnya. Kami ikut proper dan memiliki list biru,” pungkasnya. (Skr)