Pemko Siantar Sosialisasikan Penyaluran Hibah dan Bantuan Sosial

  • Whatsapp

SIANTAR I bongkarnews.com- Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar menggelar Sosialisasi Penyaluran Hibah dan Bantuan Sosial. Sosialisasi tersebut diadakan di ballroom Hotel Sapadia, Rabu (18/11/2020), dan dihadiri Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM.

Togar dalam sambutannya di acara Sosialiasi Penyaluran Hibah dan Bantuan Sosial di lingkungan Pemko Pematangsiantar itu mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai upaya penyebarluaskan informasi dalam rangka peningkatan transparansi dan akuntabilitas anggaran daerah, khususnya yang menyangkut penyaluran hibah dan bantuan sosial kepada lembaga serta organisasi masyarakat yang ada di Kota Pematangsiantar.

Bacaan Lainnya

example banner example banner

Penggunaan hibah yang diberikan Pemko Pematangsiantar, lanjutnya, secara umum bertujuan mendekatkan hubungan pemerintah dengan masyarakat melalui perpanjangan tangan lembaga dan organisasi masyarakat yang ada.

“Agar cita-cita pembangunan dapat terwujud, yakni masyarakat yang sejahtera adil dan makmur,” sebutnya.

Dilanjutkan Togar, pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD Kota Pematangsiantar dikarenakan adanya beberapa ketentuan perubahan substansi. Sehingga kegiatan tersebut juga diharapkan menjadi sebuah forum konsultasi publik terhadap perubahan ketentuan dalam Peraturan Walikota.

“Kami selaku kepala daerah berharap dengan pelaksanaan sosialisasi ini semua pihak lebih berhati-hati, baik dalam proses administrasi maupun penyaluran hibah serta bantuan sosial di Kota Pematangsiantar,” terangnya.

Kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut diharapkan mengetahui secara menyeluruh penggunaan dan pertanggungjawaban hibah serta bantuan sosial sesuai peraturan perundang-undangan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini, terkhusus kepada BPKP Provinsi Sumatera Utara yang bersedia menjadi narasumber. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Pematangsiantar untuk mewujudkan Siantar yang Mantap, Maju, dan Jaya,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kabag Kesra Pemko Pematangsiantar Farhan Zamzamy SH sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan menerangkan, kegiatan Sosialisasi Penyaluran Hibah dan Bantuan Sosial di lingkungan Pemko Pematangsiantar bertujuan memberikan pemahaman kepada lembaga dan organisasi masyarakat tentang standar pelayanan, mekanisme dan prosedur, pertanggungjawaban penyaluran dan penggunaan hibah dan bantuan sosial di lingkungan Pemko Pematangsiantar.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 18-19 November 2020 di ballroom Hotel Sapadia Pematangsiantar. Sedangkan peserta kegiatan ini adalah ketua organisasi masyarakat, lembaga, yayasan, pengurus rumah ibadah, para lurah, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang menerbitkan rekomendasi, dengan jumlah 200 orang.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara tentang Laporan Penggunaan Dana Hibah dan Bantuan Sosial, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pematangsiantar tentang Legalisasi Ormas dan Lembaga, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) tentang Prosedur Pencairan Dana Hibah dan Bantuan Sosial, serta Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) tentang Standar Pelayanan Hibah dan Bantuan Sosial.

Turut hadir, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda) Kota Pematangsiantar Ny Syahputri Hefriansyah br Hutabarat, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daily, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Mardiana SH, dan para OPD terkait. (ep)

Pos terkait