Objek Wisata Kampung Temusai Dikunjungi Mahasiswa UIR

SIAK | Bongkarnews.com – Objek Wisata Kampung Temusai Kecamatan Bungaraya mendapat kunjungan dari Mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) beberapa hari ini. Diantaranya, objek wisata yang dikunjungi oleh mahasiswa adalah Makam Panjang peninggalan Kerjaan Siak, Kolam Pancing, dan Pulau Kecil yang masih Alami, Sehat, Rindang dan Indah (ASRI) serta Hutan Berembang.

Berkunjung ke pelosok daerah ini bisa menjadi satu alternatif lain untuk menikmati keindahan alam yang masih sangat terjaga kealamiannya. Satu daerah yang bisa traveler kunjungi untuk menikmati keindahan serta keasrian alam yang masih terjaga. Di Makam Panjang, Hutan Berembang pinggir Sungai Siak dan di sebuah pulau kecil yang letaknya diantara Dusun Temutun dengan Dusun Teluk Musahab Kampung Temusai menyajikan panorama yang sangat indah dan bisa dinikmati nuansa alam dan kesejukannya.

Menurut Eli Nasri, Kepala Dusun Temutun mengatakan bahwa, tempat tempat wisata ini masih dalam proses pengelolaan, dan masih dalam pengusulan untuk dibuatkan jalan semenisasi agar wisatawan bisa mengunjunginya dengan mudah.

“Alhamdulillah, para mahasiswa dari Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota dari UIR datang kemari untuk membantu memberikan masukan masukan yang bagus untuk pengembangan tempat-tempat wisata di Kampung ini. Semoga jerih payah yang kita lakukan bersama pemerintahan kampung untuk mengelola tempat-tempat wisata didaerah ini bisa berhasil seoptimal mungkin,” ungkap Eli Nazri kepada BongkarNews.com, Kamis (08/11/2018).

Eli juga mengaku, untuk saat ini masih secara swadaya masyarakat di daerahnya mengelola dan memanfaatkan tempat tempat wisata tersebut, sehingga hasilnya sangat minim sekali.

“Memang kita butuh biaya yang sangat banyak untuk mengelola tempat tempat wisata di kampung ini, sehingga sangat diperlukan kerjasama yang baik masyarakat dengan pemerintahan kampung untuk mengelola tempat wisata ini. Dan kita berharap kepada pemerintah daerah agar juga dapat mendukung dan membantu untuk mengelola tempat tempat wisata didaerah kita,”harapnya.

Sementara itu, menurut Rino, salah satu Mahasiswa UIR yang melakukan observasi lapangan di Kampung Temusai mengatakan bahwa, di Kampung Temusai banyak sekali tempat wisata yang bisa dikelola dan dikembangkan.

“Potensi yang ada di Kampung Temusai cukup baik, ada beberapa yang dapat dikembangkan seperti Wisata Air, Outbond, Situs Sejarah, Ekowisata Dan Agrowisata. Namun potensi yang ada belum dapat dimaksimalkan sebaik mungkin,”ungkapnya.

Sebagai Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota UIR, para mahasiswa ini akan membuat rencana untuk memaksimalkan potensi yang ada di Kampung Temusai, guna untuk meningkatkan sektor pariwisata di Kampung Temusai.

“Terkait Mata Kuliah kami yaitu Studio Perencanaan Desa. Semoga apa yang kami lakukan disini bisa bermanfaat untuk Kampung Temusai kedepannya. Saya pribadi akan merasa sangat senang apabila kami bisa bermanfaat bagi Kampung Temusai, walaupun apa yang kami lakukan hanya sebatas studi,”jelasnya.

Penghulu Kampung Temusai Markuat,  berterimakasih kepada mahasiswa UIR yang telah mengunjungi kampungnya untuk melakukan survey.

“Semoga dengan adanya kunjungan dari mahasiswa UIR Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota ini dapat memberikan masukan dan solusi untuk meningkatkan objek wisata yang ada di kampung ini. Semoga masukan yang mereka berikan kepada kita dapat menjadi motifasi kepada masyarakat untuk terus berkarya mengembangkan tempat wisata di daerah kita,”pungkasnya. (Sugianto)

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas