KPU Sumut : Awal Juni Surat Suara Untuk Pilgubsu 2018 Akan Didistribusikan

Medan  | Bongkarnews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara terus mematangkan persiapan jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) pada 27 Juni 2018 mendatang.

Salah satu persiapan yang dilakukan oleh KPU Sumut adalah akan mencetak surat suara bergambar dua pasangan calon (paslon) Pilgubsu 2018, yakni nomor urut 1, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah, dan nomor urut 2, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus.

Bacaan Lainnya

Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga mengatakan, surat suara yang akan dicetak itu berukuran 18×23 centimeter yang memiliki tampilan gambar berbeda di masing-masing sisi surat suara.

“Sisi utama pasti gambar para paslon, sedangkan sisi lainnya adalah kolom untuk kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan, dan nomor TPS yang nantinya diisi oleh pihak KPPS,” kata Benget, Jumat (4/5).

Sembari menunjukkan contoh surat suara Pilgubsu 2018, Benget menjelaskan, gambar, nama, dan nomor urut poslon dalam surat suara itu masih akan divalidasi oleh tim pemenangan masing-masing paslon.

Setelah disetujui oleh para paslon, selanjutnya akan dicetak lebih dulu specimen surat suara tersebut kemudian kembali ditunjukkan kepada tim paslon.

“Setelah specimen itu disetujui oleh kedua belah pihak paslon, baru kami akan cetak. Pencetakan surat suara itu dilakukan oleh KPU RI lewat lelang melalui e-catalog,” sebutnya.

Lebih lanjut Benget mengatakan, jumlah surat suara yang akan dicetak berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgubsu 2018 (9.052.529 pemilih) plus tambahan 2,5% dari jumlah DPT di masing-masing TPS yang ada di Sumut yang jumlah lebih dari 27.000 TPS.

“Jadi total surat suara yang akan dicetak itu berjumlah 9.291.800 eksemplar plus dengan tambahan 2.000 eksemplar untuk persediaan PSU (Pemungutan Suara Ulang),” papar Benget sembari menyebut persediaan itu digunakan apabila hal yang tak diinginkan terjadi seperti surat suara basah dan sebagainya.

Disebutkan 54 hari jelang pemungutan suara, KPU Sumut berharap akhir bulan ini seluruh surat suara sudah siap dicetak. “Dan awal Juni 2018 sudah dapat didistribusikan ke KPU kabupaten/kota se-Sumut,” tandasnya.(ndo)

Pos terkait