Kadistan Karo Beserta Rombongan Sidak Agen Pupuk Subsidi - Bongkarnews

Sitename

Description your site...

Kadistan Karo Beserta Rombongan Sidak Agen Pupuk Subsidi

Kadistan Karo Beserta Rombongan Sidak Agen Pupuk Subsidi

example banner

BERASTAGI | Bongkarnews.com – Terkait laporan masyarakat,  adanya dugaan  pupuk Urea Bersubsidi banyak beredar diluar pengencer resmi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Ir Sarjana Purba didampingi  Kapten Czi. Menson Tarigan, Pasiter (Perwira Seksi Teritorial) dari Kodim 0205 /TK, sidak ke Kios pengencer pupuk resmi dan toko pengencer pupuk tidak resmi, Kamis (9/8/2018) di Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo

 

Tak hanya itu, Salah satu petani marga Tarigan juga mengeluhkan, bahwasanya di Berastagi susah mendapatkan Pupuk Urea Subsidi di kios pengencer pupuk resmi, seperti yang di beritakan salah satu media sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian, menyangkal pernyataan itu.

“Jadi kita sidak karena ada pemberitaan atau laporan, bahwa pupuk Urea Subsidi langka di kios resmi dan banyak beredar pada pengencer yang tidak resmi, namun setelah dilakukan sidak ke beberapa Kios resmi, ternyata pupuk Urea Subsidi masih ada, contohnya di UD Mulia Tani. Namun terkait laporan  adanya pupuk yang beredar pada pengencer pupuk tidak resmi, memang ada ditemukan “Jelas Kadis Pertanian.

Disamping itu, lanjut Sarjana, Ada Kios resmi  yang tidak menebus pupuk urea subsidi tersebut, dikarenakan belum adanya pengajuan RDKK  dari Kelompok Tani, yakni UD Ketaren, Tetapi di UD Mulia Tani, pupuk urea subsidi itu masih ada stok yang bisa dibeli oleh kelompok Tani.

“Kalau pupuk Urea yang di Subsidi pemerintah, tidak bisa dibeli secara perorangan, tetapi harus melalui kelompok tani, serta  melalui  prosedur yang ada, yaitu, masyarakat melalui kelompok tani, harus mengajukan RDKK ke Kios resmi, dari situ baru melalui Kios resmi mengajukan ke Distributor, “Kata Kadis Pertanian.

Menurut amatan Media Bongkar pada sidak tersebut, Kadis Pertanian bersama TNI dari Kodim 0205 /TK menemukan tumpukkan pupuk Urea Subsidi di salah satu Kios berinisial   AT pengencer pupuk Urea subsidi tidak resmi  di Berastagi, berjumlah kurang lebih enam karung.

Disinggung tentang temuan Pupuk Urea Subsidi di salah satu toko penjual pupuk yang  tidak resmi itu, mengatakan, selanjutnya akan diberikan peringatan terlebih dahulu, dan jika nantinya terulang kembali maka akan ditindak tegas .

“Temuan pupuk urea subsidi yang ada di Kios pengencer pupuk tidak resmi tadi, akan kita beri peringatan atau dibina. Tetapi kalau kedepannya kembali lagi ditemukan, kita akan tindak tegas, karena sudah melanggar prosedur aturan yang berlaku, karena memang peraturannya tidak boleh, “Tegas Sarjana.

Sementara itu, Kapten Czi. Menson Tarigan, Pasiter (Perwira Seksi Teritorial) dari Kodim 0205 /TK, kepada wartawan, menyampaikan bahwasanya terkait adanya temuan pupuk urea subsidi ini menegaskan akan ditindak lajuti.

“Ini kan temuan awal, jadi apa yang di laporkan masyarakat itu melalui berita, setelah kita sidak, ternyata  terbukti bahwa memang  ada kami temukan  pupuk Subsidi yang beredar di Kios pengencer pupuk tidak resmi, akan kita usut, “Ucap Menson Tarigan.

Disamping itu, TNI akan melakukan pengawasan terhadap pupuk Bersubsidi lebih ketat, karena dinilai jika terus berlanjut kejadian seperti ini, akan merugikan para petani sehingga tidak tepat sasaran .(Sangap.s)