Jalan Rusak Parah, Pemerintah Diminta Serius

LAUBALENG | bongkarnews.com – Hujan yang berkepanjangan sejak September hingga Oktober membuat jalan ke desa Mangan Moli, desa Renun, desa Pasir Tengah dan Pasir Mbelang menjadi rusak dan membutuhkan perhatian serius.

Akibat dari rusaknya jalan tersebut menghambat aktifitas serta berpengaruh besar terhadap perkembangan ekonomi lokal. Bukan hanya itu para siswa dan guru yang akan melaksanakan kegiatan sekolah juga terhambat.

Kepala desa Mangan Moli, Rimbun Maha didampingi Sekdes Restu ginting, BPD Hormat ginting saat disambangi awak media pada Sabtu (13/10), di desanya, mengharapkan Dinas PU serius melihat Jalan ke desanya.

“karna jika hujan turun sebagian badan jalan sudah rusak sehingga nyaris tidak dapat dilalui, arus air hujan menggerus badan jalan sehingga jalan tersebut Tinggal bebatuan yang besar Mengakibatkan Kenderaaan Roda dua maupun Roda empat Susah untuk melewatinya. Memang Kami tau Jarak tempuh Dari Ibukota Kabupaten Ke desa Kami ini cukup jauh lebih kurang 70 Km Dari kota Sidikalang, dan 20 Km Ke Ibukota kecamatan (Kutabuluh Berteng) Sehingga kami pun ke pekan Lebih Dekat Ke perbatasan Tanah Karo Ke Pekan Laubaleng Sebap Dari desa Kami Ke Lau Baleng Cuma 3 KM Hal inilah yang membuat warga kami lebih sering kepekan Lau Baleng Daripada pekan Sidikalang” demikian disampaikan Kades, lanjutnya.

“Memang kami Sadar Bahwa Hasil Pertanian Sebagian kami jual ke Tanah Karo Karna jarak tempuh ke pekan Lau Baleng lebih dekat namun meskipun demikian kami sangat mengharafkan perhatian pemerintah Kab Dairi, mengingat desa kami ini adalah bagian dari Dairi Juga” Katanya.

Desa Mangan Moli dan Renun penduduk yang berdomisili di desa ini mayoritas suku Karo sehingga warganya lebih Suka berbelanja ke Laubaleng karena di Lau Baleng masyarakat mempergunakan bahasa Karo. Demikian dikatakanya.

Harapan warga desa agar pemerintah memperhatikan akses jalan perbatasan Karo dan Dairi ini sangat dinanti, hingga kini masyarakat masih kesulitan, keseriusan pemerintah terhadap jalan desa demi meningkatkan perkembangan daerah terpencil.(Sangap.s)

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas