Cegah Mewabahnya Covid-19: Pasar dan Pintu Masuk Siantar Dipantau

SIANTAR | bongkarnews.com – Pemerintah Kota Pematangsiantar terus melakukan kebijakan guna mencegah semakin maraknya penyebaran virus Corona (Covid-19). Bersama tim terpadu yang telah dibentuk, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kusdianto SH menggelar rapat di kantor Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Pematangsiantar, Jumat (20/3/2020).

Dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pematangsiantar yang juga Plt Direktur RSUD dr Djasamen Saragih dr Ronald Saragih mengatakan, ruang isolasi untuk pasien Covid-19 sedang dalam pembenahan. Selain itu, disiapkan alat-alat kebersihan, dan menambah jumlah wastafel untuk mencuci tangan.

Disebutkannya juga, rumah sakit swasta berjanji bisa meminjamkan alat-alat yang diperlukakan apabila terjadi hal-hal urgen terkait Covid-19 di Kota Pematangsiantar. Selain itu, Puskesmas wajib melapor ke Dinas Kesehatan apabila ada merawat dan memeriksa warga yang mengalami gejala Covid-19.

Khusus di ruang isolasi yang berada di RSUD dr Djasamen Saragih disiapkan lima unit tempat tidur.

Selanjutnya, Pj Sekda Pematangsiantar Kusdianto SH mengharapkan masyarakat atau toko-toko jangan menimbun sembako. Pemko Pematangsiantar, katanya, akan mencek langsung ke toko-toko.

Selain itu, pasar-pasar dan pintu-pintu masuk menuju Kota Pematangsiantar akan dipantau.

“Juga mengontrol tempat-tempat keramaian yang ada di Kota Pematangsiantar,” katanya.

Hal lainnya, memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara penanggulangan Covid-19. Sedangkan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta selalu berkoordinasi mengenai Covid-19.

“Satpol PP dan Dinas Pendidikan agar rutin razia kepada anak-anak sekolah yang masih berkeliaran di luar rumah dan yang berkumpul di tempat keramaian,” katanya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, para staf ahli, asisten, dan OPD Pemko Pematangsiantar. (EP)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *