Bupati Dairi dan Pj. Bupati Pakpak Bharat Tandatangani MoU Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pemerintahan

DAIRI | bongkarnews.com – Pemerintah Kabupaten Dairi bersama dengan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melakukan kerjasama daerah melalui penandatangan kesepakatan bersama (MoU) terkait dengan peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di masing-masing daerah pada Selasa (30/6/2020).

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dan Pj. Bupati Pakpak Bharat Asren Nasution di ruang rapat Bupati Dairi.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan kerjasama ini dilaksanakan sesuai arahan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi, masing-masing daerah agar selalu bersinergi dalam melakukan pembangunan khususnya di Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan beberapa bentuk kerjasama yang dilakukan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat diantaranya adalah Pemerintah Kabupaten Dairi ingin meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah salah satunya penerapan dan pengembangan e-goverment.

Selain itu, Bupati Dairi juga mengatakan ruang lingkup kesepakatan bersama yang akan dilakukan adalah di bidang penerapan dan pengembangan e-government, kepegawaian, perdagangan, pariwisata, budaya dan pertanian serta bidang lain yang akan disepakati bersama sesuai dengan kebutuhan.

“Saya berharap kesepakatan bersama yang akan ditanda tangani ini digunakan sebagai dasar untuk menindaklanjuti ruang lingkup yang telah ditentukan sehingga dapat bermanfaat bagi Pemerintahan dan semakin dapat meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat”, ujar Eddy Berutu.

Salah satu bentuk pelayanan yang ingin diterapkan Pemerintah Kabupaten Dairi dibidang kesehatan adalah aplikasi e-Puskesmas yang sudah diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat.

“Penerapan aplikasi e-puskesmas ini sangat dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat Pakpak Bharat, sehingga kami ingin menerapkannya di Kabupaten Dairi,” ucap Bupati.

Sementara itu, Pj. Bupati Pakpak Bharat Asren Nasution dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Dairi yang telah menyambut dengan baik kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat. Terkait dengan beberapa kesepakatan bersama yang akan dijajaki bersama dengan Pemerintah Kabupaten Dairi khususnya di bidang kesehatan, Pj. Bupati Pakpak Bharat mengatakan di bidang kesehatan untuk Sumatera Utara e-Puskesmas yang berjalan dengan baik hanya di Kabupaten Pakpak Bharat.

“Ini sudah kami lihat langsung, jika ada pasien yang datang ke puskesmas, tidak lebih dari 3 menit sudah terlayani”, ujarnya.

Pj. Bupati Pakpak Bharat juga menyampaikan bahwa berbagai kemajuan yang ada saat ini di Pakpak Bharat adalah buah tangan dari mantan Bupati Remigo Yolanda Berutu.

“Saya hanya merawat dan meneruskan karya Pak Remigo”, ujar Asren Nasution.

Beliau berharap dengan adanya bentuk kesepakatan bersama ini, hubungan antara Pemerintah Kabupaten Dairi dengan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat akan semakin terjalin dengan baik khususnya dalam peningkatan program baik itu di Pemerintahan maupun program pembangunan untuk masyarakat.

Adapun yang menjadi prioritas kerjasama Pemerintah Kabupaten Dairi dengan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat di bidang e-Goverment adalah pemanfaatan untuk aplikasi e-Kinerja, Aplikasi Puskesmas, e-Office, dan aplikasi lainnya.

Maka di waktu yang bersamaan juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pakpak Bharat dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dairi sebagai salah satu ruang lingkup kerjasama yang tertuang dalam kesepakatan bersama antara Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Dairi.

(BD.007)

Pos terkait