Wasev TNI AD Tinjau TMMD di Tapanuli Tengah

Foto: Rombongan Wasev Mayjen TNI Sumedi, Pj Bupati Bukit Tambunan dan Danrem 023/KS Kolonel Inf Richard TH Tampubolon, SH.MM Dandim 0211/TT Letkol Inf Corri Sigalinging saat meninjau lokasi pembukaan jalan baru program TMMD ke-97 di Desa Aek Gambir-Masundung, Lumut, Tapanuli Tengah, Selasa (11/10).

TAPTENG, BN-
Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TNI AD Mayjen TNI Sumedy meninjau pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 2016 Kodim 0211/TT di Desa Aek Gambir dan Desa Masundung, Kecamatan Lumut, Tapanuli Tengah, Selasa (11/10). Salah satunya pembukaan jalan baru sepanjang 8,5 km selebar 8 meter penghubung antar kedua desa tersebut.

“Bersama rakyat TNI kuat, maka sejak tahun 2000 ABRI Masuk Desa (AMD) diganti nama menjadi TMMD. Itu merupakan program bakti sosial dan kepedulian TNI terhadap pembangunan, baik fisik maupun non fisik. Pembangunan fisik dilakukan bersama masyarakat setempat. Dan kegiatan TMMD ke-97 ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia,” terang Mayjen Sumedy.

Bacaan Lainnya

Pembangunan non fisiknya, sambung Mayjen Sumedy, juga sangat penting dilakukan. Seperti menanamkan mental perjuangan dan kerja keras, rela berkorban untuk bangsa dan negara, bebas narkoba, dan kegotongroyongan, kesehatan, taat hukum, dwn lainnya. Program TMMD sendiri akan terus dilaksanakan berkesinambungan setiap tahunnya dengan sasaran lokasi yang berbeda.

Pj Bupati Tapanuli Tengah Drs. Bukit Tambunan yang juga ikut meninjau menyampaikan, jalan penghubung antar Desa Aek Gambir-Desa Masundung memang sangat penting untuk dibuka. Mengingat daerah tersebut merupakan daerah yang selama ini sangat terisolir. Padahal hasil bumi dari desa tersebut, terutama pertanian dan perkebunan, sangat potensial.

Menurutnya, dengan telah terbukanya akses jalan, maka akan mempercepat jarak dan waktu tempuh dan mengurangi biaya pengangkutan hasil-hasil bumi masyarakat. Dan diharapkan, pembangunan ini didukung oleh segenap elemen masyarakat, sebab pembangunan itu sendiri dari, oleh dan untuk rakyat.

“Pemkab Tapanuli Tengah mengapresiasi pelaksanaan TMMD di daerah ini. Dan pemerintah daerah juga akan tetap berupaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana di jalan yang telah dibuka ini,” katanya.

Sementara itu warga Desa Aek Gambir, Barat Tambunan mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas pelaksanaan TMMD. “Terimakasih Bapak-bapak TNI dan Pemkab Tapteng, harapan kami jalan yang telah dibuka ini dapat ditingkatkan menjadi jalan aspal,” pintanya. (washington)

Pos terkait