Puluhan Teungku Dayah di Bireun Ikut Pelatihan Managemen

Bireuen]BN-Sebanyak 40 Teungku Dayah dalam Kabupeten Bireuen mengkuti pelatihan managemen yang digagas Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten setempat yang dipusatkan di Losmen Djarwal Bireuen, Senin (18/0).

Pelatihan yang melibatkan narasumber seperti, Nazaruddin, S.Ag, dengan topik Pengelolaan Dayah Berbasis Manajemen. Mustafa, S.Sos.,M.Si, (Tantangan Dayah di Era Global). Syamsul Bahri,SE.,MM (Evaluasi Sistem Pendidikan) dan Dr Saifullah, S.Ag.,M.Pd, dengan topik Pendelegasian Kewenangan.

Bacaan Lainnya

Sedangkan Pelatihan Managemen bagi para teungku dayah dibuka Bupati Bireuen yang diwakili, Sekda Ir Zulkifli, SP mengatakan pelatihan manajemen dayah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan pengelolaan dayah yang kita diharapkan.” Juga. dapat meningkatkan mutu dan kualitas dayah, hal ini akan berdampak terhadap perkembangan dunia dayah di Kabupaten Bireuen ke depan,” paparnya.

Dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dayah di Kabupaten Bireuen perlu adanya persamaan dan kesepahaman persepsi para pimpinan dayah dalam bidang pengelolaan daya yang profesional.”Upaya menyatukan langkah serta menggagas pemikiran untuk meningkatkan kualitas dayah itu sendiri,” urai Sekdakab Bireuen

Dikatakan, seiring  dengan tujuan dimaksud,  perlu adanya manajemen tata kelola administrasi dayah yang baik dan teratur yang harus diterapkan di masing-masing dayah dalam wilayah Kabupaten Bireuen. “Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa manajemen merupakan proses Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan dan Pengawasan para anggota organisasi dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.,” ulas sekda.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Bireuen, Said Abdurrahman,S.Sos dalam laporannya mengatakan, kegiatan pelatihan manajemen dayah dimaksud untuk meningkatkan kualitas Pendidikan, Pengelolaan Administrasi Dayah serta memantapkan kerjasama yang lebih baik dengan Dinas Pendidikan Dayah.

Tujuannya, melalui kegiatan pelatihan manajemen dayah dalam Kabupaten Bireuen tahun 2017 ini, diharapkan dapat melakukan program kerja dayah 5 tahun ke depan sesuai dengan visi dan misi Dinas Pendidikan Dayah.

Para peserta pelatihan itu sendiri terdiri dari  unsur Pengurus, Teungku Dayah dalam Kabupaten Bireuen, sejumlah 80 orang, yang di bagi dua angkatan. Angkatan I dilaksanakan pada 18-19 September 2017 (40 Orang-red), sementara itu, Angkatan II, 20-21 September 2017 (40 orang –red).(Maimun Mirdaz)

 

Pos terkait