Pemkab Dairi Berkomitmen Kembalikan Kejayaan Kopi Sidikalang

  • Whatsapp

DAIRI | bongkarnews.com – Pemerintah Kabupaten Dairi terus berkomitmen untuk mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang yang menjadi salah satu komoditi unggulan pertanian di Kabupaten Dairi. Hal itu dinyatakan oleh Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu saat menjadi salah satu narasumber dalam dialog tentang review produksi dan nilai pasar Kopi Sidikalang pada acara Festival Kopi Sidikalang secara Virtual, Jumat (11/12/2020) di Balai Budaya Sidikalang.

Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan beberapa hal yang menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Dairi untuk mengembalikan kejayan Kopi Sidikalang adalah memperhatikan jumlah tanam untuk tanaman kopi yang cenderung menurun.

Bacaan Lainnya

example banner

Salah satu penyebab menurunnya jumlah tanam tersebut karena ketersediaan lahan yang belum memadai.

“Dalam RPJMD Kabupaten Dairi, telah dibuat program untuk 5 tahun ke depan penanaman kopi sebanyak 5.000 hektar. Kita juga akan menggerakan para petani milenial untuk ikut menanam kopi tersebut,” terang Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu.

Hal lainnya dinyatakan Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate adalah tentang harga yang tidak menguntungkan bagi para petani kopi sehingga tidak dapat meningkatkan perekonomian bagi para petani.

Oleh karena itu, Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Pemerintah Kabupaten Dairi mengambil beberapa langkah untuk mengatasi hal tersebut diantaranya dengan menyediakan bibit kopi yang unggul dan peningkatan kualitas kopi dengan menerapkan budidaya tanaman kopi yang baik.

Upaya lainnya dengan meningkatkan konsumsi kopi di dalam negeri khususnya di Kabupaten Dairi.

“Saat ini konsumsi kopi di dalam negeri semakin tinggi, kopi Sidikalang harus ikut menjadi bagiannya sehingga industri kopi ini menyenangkan. Komitmen dari seluruh pemangku kepentingan dan pihak terkait sangat kita perlukan sehingga kejayan Kopi Sidikalang ini dapat kita kembalikan dengan kolaborasi bersama,” pungkas Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu.

Sementara itu, Ketua AEKI Sumatera Utara Saidul Alam yang juga hadir sebagai narasumber dalam dialog tersebut mengatakan sangat mendukung Pemerintah Kabupaten Dairi dalam upaya untuk mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang. Ia mengatakan kualitas dari Kopi Sidikalang sudah tidak diragukan lagi karena menjadi kopi legenda dan banyak disukai oleh para penikmat kopi baik itu dari dalam negeri maupun dari manca negara.

“Kopi Sidikalang kualitas dan aromanya sudah tidak diragukan lagi. Kopi Sidikalang banyak dicari oleh para penikmatnya, oleh karena itu kami dari AEKI mendukung dengan penuh upaya pemerintah daerah untuk mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang ini,” ucapnya.

Turut hadir yang juga menjadi narasumber dalam dialog tersebut yakni Sekretaris MPIG Kopi Robusta Sidikalang Hairul Bintang. Dialog tersebut terbagi dalam 2 sesi dimana pada sesi ke 2 menghadirkan narasumber Pimpinan Cabang BRI Sidikalang dan pelaku usaha Kopi Robusta Sidikalang.

(BD.007)

Pos terkait