Minat Vaksinasi Warga Jeumpa Dinilai Masih Rendah

  • Whatsapp

Bireuen-Serbuan vaksinasi yang gencar dilakukan di Kabupaten Bireuen, ternyata tidak menarik minat bagi warga Kecamatan Jeumpa yang enggan melakukan penyuntikan obat kekebalan tubuh itu, meskipun saat ini masih gratis, tidaj jauh beda dengan warga kecamatan lainnya.

Dalam Serbuan vaksinasi yang dipusatkan di Kantor Camat Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Senin (17/7) hanya diminati segelintir warganya, yang hanya mencapai 120 orang yang disuntik vaksin. Padahal seluruh desa sudah desa sudah diumumkan di meunasah-meunasah untuk bisa menyuntik Vaksin di kantor Camat Jeumpa.

Bacaan Lainnya

Tidak mengherankan, jika di lokasi penyuntikan tidak banyak orang yang datang untuk divaksin, apalagi warga desa yang rumahnya jauh di pedesaan, belum lagi berita hoex yang banyak beredar di medsos. Dilokasi itu, hanya tampak petugas medis dari  UPTD Puskesmas Jeumpa termasuk vaksinator dan sejumlah  aparat keamanan. Adanya dugaan kurangnya minat warga untuk divaksin, menyusul sosialisasi lemahnya sosialisasi vaksinasi, yang menjadikan  warga desa masih  di dera was-was dan takut di vaksin jenis  sinovak itu. Maka, tidak mengherankan, jika hanya  sekitar 120 orang saja yang bersedia datang untuk melakukan vaksinasi di  Kantor Camat Jeumpa.

Camat Jeumpa, Erry Seprinaldi, S.STP, S.Sos, M.Si yang ditanyai media ini, Selasa (28/7) tidak mengelak jika warganya masih enggan disuntik vaksin, dikarenakan pengaruh berita-berita hoax di media sosial, yang akibatnya hanya 40-50 orang yang bersedia di vaksinasi waktu itu.“Tapi kali ini, sudah mengalami peningkatan dibandingkan dulu-dulunya, yang divaksin di Kantor Camat Jeumpa mencapai 120 orang, termasuk beberapa diantaranya Geuchiek,” ujar Erri yang baru saja dilantik sebagai Camat Jeumpa yang baru.

Lebih lanjut, dikatakan Erri, serbuan vaksinasi di Kantor Camat Jeumpa, merupakan pertama sekali digelar vaksinasi di kantornya, setelah sebelumnya di lakukan di UPTD Puskesmas Jeumpa maupun di Pospol Jeumpa, yang warganya hanya mencapai  puluhan orang yang bersedia divaksin waktu Ia belum dilantik sebagai camat. Begitupun. Ia  tidak menampik  jika sosialisasi yang dilakukan sebelumnya tidak menyentuh sasaran orang banyak.

Namun, sekarang dinilainya, warga desa secara perlahan-lahan sudah mau divaksinasi, menyusul semakin gencar sosialisasi ke desa-desa. Malah, dalam beberapa kali kesempatan pelantikan Plt Geuchiek Gampong, Ia  turut menyampaikan betapa pentingnya arti Vaksinasi.”Beda dengan kecamatan Juli, mereka lebih siap dan sudah lama mensosialisasi vaksinasi Covid 19, sehingga banyak warganya yang mengikuti vaksinasi secara sukarela,” ujar Camat Jumpa menanggapi media ini, tentang  besarnya antusias warga Juli disuntik vaksin.(Maimun Mirdaz)

Pos terkait