Ziarah dan Peringatan Hari Pahlawan di Kota Langsa

KOTA LANGSA | Bongkarnews.com – Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis yang diwakili Pasi 3 Personel Kapten Inf Widarwamawan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2018, yang diselenggarakan di Taman Makam Pahlawan (TMP), yang digelar oleh Pemko Langsa, bertempat di Desa Payobujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Jum,at (09-11-2018).

Dalam Upacara Ziarah Nasional tersebut Kapolres Langsa AKBP Andy Hermawan, SIK. MSc bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapten Inf Widarmawan sebagai Perwira Upacara dan Letda Inf Ibrahim sebagai Komandan Upacara.

Disela-sela acara tersebut kepada wartawan Kodim 0104/Atim Dandim melalui Pasi 3 Personel mengatakan bahwa ziarah ke makam pahlawan, dilaksanakan secara serentak oleh seluruh instansi pada hari ini, “tuturnya.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menghormati para pahlawannya, sehingga ziarah bersama ini memiliki arti penting sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kita kepada mereka. “ungkapnya.

“Kegiatan Ziarah Nasional ini sebagai wujud untuk selalu mengingat jasa-jasa pahlawan dan pejuang bangsa yang selalu rela berkorban, baik itu harta benda hingga nyawa demi kemerdekaan NKRI. Disisi lain, ziarah ini juga bertujuan agar kita sebagai warga Negara yang baik meniru sifat serta nilai-nilai patriotisme dan nasionalis para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur untuk memperjuangkan cita-cita Bangsa Indonesia, ”imbuhnya lagi.

Prosesi Upacara Ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta guna mendoakan mereka, peletakan karangan bunga dan ditutup dengan tabur bunga yang dipimpin Dandim dan diikuti para peserta ziarah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Unsur Forkopimda Kota Langsa, Wakapolres Langsa Kompol Budi Darma, SH, Jajaran Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah Kota Langsa, Peserta Upacara, Jajaran Ibu Persit Kartika Chandra Kirana cabang XXI Dim 0104/Atim dan Darmawanita Pemko Langsa dan Peserta Upacara.

Kegiatan tersebut ditandai oleh peletakan karangan bunga oleh Inspektur Upacara dan penaburan bunga dipusara peserta Upacara yang hadir tandasnya.( Zainal/ardi).

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas