Walikota Siantar Hadiri Sertijab Danyonif 122/Tombak Sakti

SIANTAR | bongkarnews.com – Jabatan Komandan Batalyon Infantri (Danyonif) 122/Tombak Sakti diserahterimakan dari Letnan Kolonel Inf Ahmad Aziz kepada Mayor Inf Raden Hendra Sukmadjidibrata SIP. Acara serah terima jabatan (Sertijab) yang dihadiri Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM itu, dipimpin Danbrigif 7/Rimba Raya Letkol Inf Agustatius Sitepu, di Lapangan Mako Yonif 122/TS Marihat Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Selasa (26/11).

Danbrigif 7/Rimba Raya Letkol Inf Agustatius Sitepu mengatakan, sertijab di tubuh TNI Angkatan Darat (AD) pada hakekatnya merupakan hal penting dalam perkembangan dan dinamika suatu organisasi. Hal itu, katanya, merupakan bagian dari suatu proses pembinaan organisasi guna mendukung program regenerasi.

“Di mana telah melalui suatu proses mekanisme dan berbagai pertimbangan pimpinan TNI AD yang berpedoman dan berorientasi pada kepentingan organisasi. Juga merupakan upaya pimpinan untuk memberikan pengalaman kepada perwira dalam berbagai tugas dan jabatan yang lebih bervariasi dalam pengembangan karir selanjutnya. Sekaligus sebagai upaya penyegaran bagi prajurit TNI sehingga senantiasa memberi motivasi dan semangat dalam pelaksanaan tugasnya,” terangnya.

Dilanjutkan Agustatius, melalui program regenerasi, secara individu para pejabat yang bersangkutan akan memeroleh ruang penugasan dan pengalaman yang lebih luas. Di samping itu secara institusi satuan akan memeroleh penyegaran sehingga kinerja organisasi akan lebih meningkat sesuai tugas, peran, dan fungsinya.

Menurutnya, Batalyon Infantri 122/Tombak Sakti merupakan satuan tempur yang berada di bawah komando Brigif 7/Rimba Raya Kodam I Bukit Barisan, yang memiliki tugas pokok operasi militer perang, yaitu melaksanakan pertempuran langsung di darat dalam rangka mempertahankan kedaulatan NKRI dan melaksanakan tugas opersi militer selain perang, di antaranya mengatasi separatisme, pemberontakan bersenjata, tugas bantuan bencana alam, bantuan kepada pemerintah daerah dan Polri, serta pengamanan VVIP, dan tugas-tugas lainnya.

Kepada Danyonif 122/Tombak Sakti yang baru diharapkan meningkatkan akuntabilitas pada jati diri TNI yang kuat fisik dan kuat mental. Oleh sebab itu prajurit Infantri harus selalu berlatih dan menggunakan peralatan militer yang dipertanggungjawabkan kepadanya, baik perorangan maupun satuan.

“Selalu jaga kesegaran jasmani dan rohani serta belajar ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukan dengan baik guna mencapai terobosan dan inovatif dengan motto “Tanpa Menyerah dalam Keadaan Apapun”,” sebutnya.

Ditambahkannya, sertijab Danyonif memiliki arti yang sangat penting mengingat jabatan komandan di samping selaku pembina, juga memegang kendali dalam satuan yang dipimpinnya.

“Hal ini menjadikan jabatan komandan sebagai jabatan yang strategis. Sehingga tugas, wewenang, dan tanggung jawab jabatan yang secara integral melekat pada jabatan tersebut harus benar-benar dapat dilaksanakan dengan penuh dedikasi dan integritas yang tinggi,” ujarnya.

Tampak hadir Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Raden Wahyu Sugiarto SIP MHan, Danrindam I/Bukit Barisan Kolonel Inf Dwi Lagan Syafruden SIP, Dandim 0204/Deliserdang Letkol Kav Samsul Arifin, Dandim 0207/Simalungung Letkol Inf Frans Kishin Pajaitan SAP MPM, Dandim 0208/AS Letkol Inf Sri Marantika Beruh SSos, Danyonif 123/Smb Letkol Inf Anjuanda Pardosi, dan Danyonif 121/MK Letkol Inf Wisnu.

Juga, Bupati Simalungun diwakili Kasatpol PP, Kapolres Simalungun diwakili Kompol Amakhoita Hia SH MHum, Kapolres Pematang Siantar diwakili Kompol Bonggas Simarmata SH, Sekda Pematangsiantar Kusdianto SH, Dandenpom Pematangsiantar diwakili Wadan Denpom Mayor CPM R Simbolon. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *