Wali Kota Medan Apresiasi Seminar Nasional Kearifan Lokal

Medan | Bongkarnews.com- Wali Kota Medan Drs.H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si.,M.H diwakili Plt. Kadis Pendidikan Drs. Marasutan menghadiri Seminar Nasional Kearifan Lokal 4 tahun 2019 dengan tema Kearifan Lokal Dalam Mewujudkan Lingkungan Yang Produktif yang digelar Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (USU) di ruang Sidang Senat Akademik Biro Rektor USU, Kamis (24/01).

Dalam Seminar Nasional yang diikuti ratusan mahasiswa USU ini, hadir Wakil Rektor III USU, Drs. Mahyudin K.M Nasution, Wakil Dekan I Fakultas Teknik USU, Prof. Ir. Johannes Tarigan, dan Ketua Departemen Arsitektur Fakultas Teknik USU, Dr. Ir. Dwira Mirfalini Aulia serta Pemakalah dan Universitas se- Indonesia.

Dikatakan Wali Kota Medan dalam sambutan yang dibacakan Plt. Kadis Pendidikan, Wali Kota mengapresiasi adanya seminar kearifan lokal, salah satu contoh rumah tradisional di Nias yang dibangun dengan kokoh walaupun tanpa menggunakan paku. sedangkan untuk diluar Negeri rumah yang ada di Jepang dengan intensitas gempa yang tinggi rumah dibangun ringan agar tidak membahayakan.

“Kegiatan Seminar Nasional Kearifan Lokal ini diharapkan dapat menjadi awal untuk kita menggali nilai – nilai kearifan lokal para leluhur kita terutama dalam segi teknik arsitektur. Selain itu seminar ini diharapkan dapat berdampak positif bagi kearifan lokal Kota Medan”, kata Plt. Kadis Pendidikan.

Sementara itu, Wakil Rektor III USU Drs. Mahyudin menyampaikan apresiasi digelarnya Seminar Nasional Kearifan Lokal ini. Artinya mahasiswa USU akan mendapatkan pengetahuan tentang kearifan lokal dari para narasumber yang hadir dari berbagai Universitas se-Indonesia.

Selanjutnya Seminar Nasional Kearifan Lokal 4 tahun 2019 ini diisi narasumber dari ITB, Prof. Ir. Iwan Sudrajat, Ikatan Arsitektur Indonesia ( IAI) , Ir. Gregorius Antar Awal dan dari USU, Ir. Nurlisa Ginting.(ft)