Wali Kota Canangkan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan 2018

MEDAN I bongkarnews.com – Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH  melakukan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB  Kesehatan Medan tahun 2018 di Gedung Dharma Wanita Jalan Sei Rotan Medan, Rabu (12/12). Kegiatan yang digelar hasil kerjasama  TP PKK  Kota Medan dengan lintas sektoral Dinas Kesehatan  Kota Medan serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP &KB)  itu bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan mempercepat proses operasional pelayanan KB.

Melalui momentum pencanangan ini, Wali kota berharap dapat memberikan dampak positif terhadap penurunan tingkat kelahiran dan kematian bayi serta ibu melahirkan. Itu sebabnya  Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan merupakan salah satu agenda kegiatan yang telah diprogramkan oleh  TP PKK dan Pemko Medan sebagai wadah menyikapi dan menampung berbagai perubahan maupun tingkat kebutuhan yang terus berkembang dalam gerakan PKK.

Oleh karenanya usai pecanangan yang dilakukan, Wali Kota minta kepada  TP PKK, Dinas PP & KB serta Dinas Kesehatan  agar mempersiapkan berbagai hal yang harus segera  ditindaklanjuti, termasuk menginformasikan sasaran yang harus

“Melalui kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan ini kita juga masih memerlukan upaya kongkrit dalam memberikan kontribusi yang nyata terhadap cakupan pelayanan KB dan kesehatan yang telah dilakukan melalui Kelompok Dasawisma, Posyandu, Pos Pembantu KB Desa (PPKBD) Sub Pembantu KB Desa (Sub PPKBD), Puskesmas maupun lainnya, terutama yang diprioritaskan  kepada keluarga prasejahtera,” kata Wali kota.

Di samping itu melalui kegiatan Kesatuan GerakPKK-KB-Kesehatan, Wali Kota berharap dapat juga meningkatkan peran serta pria dalam program KB serta keadilan dan kesetaraan gender di masyarakat sekaligus meringankan beban keluarga dalam mendapatkan pelayanan KB dan kesehatan sesuai prioritas masalah yang ada dengan memperhatikan  potensi dan keanekaragaman.

“Saya berharap Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dapat menjadi acuan dalam menindaklanjuti berbagai kegiatan PKK, KB dan Kesehatan. Dengan demikian Kota Medan tidak mengalami ketertinggalan dengan kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Selain itu juga dapat menjadi motor penggerak partisipasi semua pihak dalam wadah pembinaan bagi instansi pemerintah, khusus OPD di lingkungan Pemko Medan, seasta, organisasi masyarakat maupun instansi sektoral,” harapnya.

Dihadiri Dandim 0201/BS Kol Inf Yuda Rismansyah, AKP Uli Lubis mewakili Kapolrestabes Medan, Wakil I Ketua TP PKK Kota Medan Hj Nurul Khairani Lubis, Kadis PP & KB Kota Medan dr Edwin Effendi MSc, sejumlah pimpinan OPD, camat dan lurah beserta unsur TP PKK Kota Medan, Wali Kota selanjutnya menyampaikan  terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak  yang mendukung sehingga pencanangan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan  dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan bersama.

Sebelumnya Wakil IV Ketua TP PKK Kota Medan Nurasisyah Musadad yang juga selaku ketua panitia acara menjelaskan,  tujuan kegiatan ini digelar diantaranya guna meningkatkan kemitraan antara TP PKK Kota Medan dengan Dinas PP & KB, Dinas Kesehatan, organisasi kemasyarakatan serta LSM. Kemudian meningkatkan  jumlah dan peran kelompok dasawisma, kualitas dan kuantitas posyandu. Lalu meningaktkan peserta KB baru dan peserta KB aktif, gerakan masyarakat hidup sehat serta meningaktkan peran serta masyarakat dan lintas sektor dalam mewujudkan lingkungan bersih.

“Ada dua sasaran yang ingin kita capai melalui kegiatan ini yakni sasaran langsung dan tidak langsung. Sasaran langsung yakni Tim Pelaksana  Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan di setiap tingkatan wilayah, khususnya kecamatan dan kelurahan. Sedangkan sasaran tidak langsung  yakni keluarga atau rumah tangga, pasangan usia subur, para pengelola, petugas KB, petugas kesehatan serta kader di setiap kelurahan,” jelas Nuraisyah.

Sebelum pencanangan dilakukan, sejumlah perlombaan juga telah digelar seperti lomba pelaksana terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, pelaksana terbaik perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga, lingkungan bersih sehat, serta pelaksana terbaik posyandu yang dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota. Usai pecanangan, Wali Kota pun memberikan hadiah kepada masing-masing pemenang. (ft)