Wabup Aceh Tamiang Buka Kemkar Pramuka ke-1

ACEH TAMIANG | Bongkarnews.com –Kemah karakter (Kemkar) ke-1 Pramuka yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berlangsung di lapangan Desa Bundar Karang Baru, dibuka oleh Wakil Bupati T Insyafuddin ST, Jumat (30/11).

Wabup Aceh Tamiang yang langsung menjadi Inspektur upacara dalam pengibaran bendera Pramuka mengatakan Pramuka yang sudah masuk dalam kurikuler pendidikan ini, sudah selayaknya diapresiasi sebagai wahana pembentukan karakter.

Hal senada juga disampaikan M Nuh SPd Pj Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang. Menurutnya kegiatan Pramuka Kemkar ini baru pertama kali digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. “Kita akan agendakan setiap tahunnya” ujar M.Nuh disela-sela pemeriksaan tenda-tenda peserta.

Kegiatan Kemkar ini dilaksanakan untuk membangun kerjasama, solidaritas, kemandirian dan keberanian. Sehingga menjadi pembelajaran dalam kurikulum formal yang berorientasi pada ranah konogtatif (pengetahuan), psikomotorik (ketrampilan).

Turut hadir dalam acara pembukaan Kemkar ini, Kasdim Mayor Inf. A.Yani, Ketua DPRK Fadlon, SH, Wakil Ketua DPRK Juanda, S.IP, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh, S.Pd., Kasat Bimas AKP Mahram mewakili Kapolres dan para Kepala SD dan SMP se-Aceh Tamiang.

Kemkar ke-1 yang berlansung selama tiga hari diikuti dari 72 SD dan 38 SMP dengan jumlah peserta sebanyak  2200 peserta. Adapun kegiatan yang akan diikuti kegiatan keagamaan, olahraga, kebersihan, kerapian dan ketertiban, permainan dan pendidikan karakter.

Pada kegiatan bakti terdiri dar ; membersihkan perkemahan dan penanaman pohon buah-buahan di bumi perkemahan Aras Sembilan. Di kegiatan kompetisi ; sholat berjemaah, paduan suara, peraturan baris berbaris dan penjelajahan, pionering dan halang rintang.(AY)

EPAPER BONGKARNEWS

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas