Tuntaskan Pembebasan Lahan Demi Percepatan Pembangunan Tol

MEDAN  | Bongkarnews.com-Anggota DPRD Medan dari Fraksi Golkar Sabar Surya Sitepu S.I.Kom (foto)  mendorong percepatan pembangunan jalan tol Tanjung Mulia Medan. Untuk itu kepada seluruh stakeholder agar menuntaskan pembebasan lahan. Sehingga pembangunan dapat segera rampung dan dinikmati masyarakat.

“Kita berharap segera rampung, jika pembebasan lahan belum selesai berakibat fatal terhadap proses pembangunan. Maka itu kita dorong seluruh stakeholder fokus dan berkodinasi sehingga masalah dapat diatasi dengan baik. Karena manfaatnya juga untuk kepentingan umum,” ujar Sabar kepada wartawan, Selasa (2/10/2018).

Ditambahkan Sabar Surya Sitepu para penggarap mendapat porsi 70 persen hasil ganti rugi. Sedangkan bagi pemilik grand Sultan sebesar 30 persen.

Menurut Sabar, untuk mensegerakan pembebasan lahan dapat menggandeng semua stakeholder. Dengan begitu, hambatan persoalan yang terjadi dapat teratasi. “Pada prinsipnya, kami selaku legislatif mendukung proses pembangunan Kota Medan, karena untuk memperlancar roda perekonomian. Namun, jangan sampai ada yang dirugikan terutama masyarakat,” sebutnya.

Seperti diketahui, ganti rugi pembebasan lahan pembangunan tol sesi I di Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Medan belum juga tuntas. Alasannya, konsinyasi (ganti rugi) belum bisa dibayarkan, sepanjang belum ada keputusan hukum tetap (inkrah).

Dalam putusan yang dikeluarkan PN Medan dengan 12 keputusan, diantaranya memenangkan pihak Sultan Deli. Akibatnya, proses ganti rugi yang seharusnya diterima masyarakat dengan 378 kepala keluarga (KK) yang mendiami lahan seluas 150 hektar tertunda karena pemerintah melakukan banding.(ft)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *