Siswi SMAN 1 Tanah Jambo Aye Lolos Ke Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia

Aceh Utara | BN – Dua siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara. Lolos menjadi finalis Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia ( OPSI ) 2017 ke Malang.

Mereka adalah, Siti Nazarina dan Dara Maulidia, siswi kelas XII IPA 3 unggul yang berasal dari keluarga sederhana, mereka berasil melakukan exsperemen atau penelitian menciptakan obat herbal penurun panas anak – anak dari ekstra daun pegagan yang diciptakan dalam bentuk permen.

” Penelitian tersebut sudah pernah di uji pada muncit ” tikus putih ” awalnya mereka membuat muncit itu demam dimana suhu tubuh muncit tersebut naik, terus mereka memberi ekstra daun pegagan yang sudah diciptakan oleh mereka dengan cara disuntit ketebuh muncit, sesudah disuntit tidak lama kemudian tubuh muncit tersebut sudah normal dan panasnya turun.” Jelasnya. Pada awak media Bongkarnews.com ( 28/9/2017 ).

Tambahnya, sesudah penelitian kami berasil, alhamdullillah kami akan mencoba menciptakan permen yang terbuat dari ekstra daun pegagan, dan kami minta dukungan dari Permerintah Aceh agar penelitian kami berasil. Pada tanggal, 9 – 14 Oktober 2017 ini kami dapat kesempatan mengikuti acara OPSI di Malang, Jawa Timur, yang diadakan oleh Derektorat Jenderal Pembina Sekolah Menengah Atas untuk tahap pameran dan presintasi.

Mawardi, M.Pd, saat dimintai keterangan oleh media ini, mengatakan, OPSI ini diikuti oleh seluruh SMA di Indonesia, penelitian yang mereka pilih bebas dan terdiri beberapa kategori diantaranya, sains dan teknologi, matematika dan rekayasa atau ilmu sosial, dan humaniora. Lalu naskah penelitian dikirim ke penetia seleksi di jakarta melalui via situs resmi kemendikbud.

” Alhamdulillah siswa kita terpilih dalam 90 naskah terbaik se – Indonesia, penelitian yang mereka angkat adalah khasiat daun pegagan sebagai obat demam, dengan judul naskah ” Permen Obsi.” Katagori sains dan teknologi.” Jelas.

Selain itu, guru pembimbing juga di undang untuk mendampingi siswa, kami atau saya sebagai kepsek SMAN 1 Tanah Jambo Aye, sangat berterima kasih kepada dewan guru yang sudah berkerja keras dalam mendidik siswa – siswi sekolah ini. Khususnya kepada guru pembimbing Junaida, S.Pd. Dan kepada ketua IGI Aceh Utara Qusthalani, M.Pd, yang selama ini sudah banyak membantu SMAN 1 ini. Dan mohon Doanya dari masyarakat Aceh semoga anak – anak kita mampu dan bisa mengharumkan nama Aceh di tingkat Nasional. Tutupnya. (SF ).

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas