Prestasi BPP Kota Juang  Menjulang yang minus Perhatian.

Bireuen-Siapa sangka, jika biasanya  setiap individu maupun lembaga/instansi tentu mendapatkan perhatian dan apresiasi, menyusul kebeberhasilannya. Lain halnya, dengan Balai Penyuluh Pertanian  (BPP)  Kota Juang yang berhasil meraih prestasi menjulang, bahkan telah mengharumkan Kabupaten Bireuen di kancah nasional, ternyata kurang perhatian, bahkan diapresiasi pun tidak oleh pejabat terkait.

Seperti yang diungkapkan, Wakil Kepala BPP Kota Juang Bireuen, Zulfikar kepada media ini, di Peternakan Puyuh miliknya,  Kamis (10/9),  Ia menyebutkan sederet prestasi yang diraih oleh BPP Kota Juang, yang tentu saja hal itu, sangat mengembirakan terhadap  Pemkab Bireuen, khususnya, dan umumnya, Propinsi Aceh.

Bacaan Lainnya

Tapi sampai saat ini, para pejabat belum ada respon,  yang malah tanpa perhatian, bahkan untuk mengapresisi pun tidak terhadap prestasi yang telah digapai BPP Kota Juang, di di bidang pertanian dari pejabat terkait di Bireuen maupun pejabat di Propinsi Aceh.

Zulfikar mentamsilkan, Usaha memang tak akan menghianati  hasil,  kiasan inilah yang  memotivasinya, untuk terus berbuat, totalitas dan loyalitasnya dalam bekerja bersama tim;  untuk  mewujudkan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kota Juang Kabupaten Bireuen, sebagai sarana sentral pusat informasi bagi para petani sehingga terwujud dan berbuah manis,  hingga sukses mengharumkan nama Kabupaten Bireuen  ditingkat nasional.

Kebderasilan BPP Kota Juang berhasil meraih pretasi sebagai penyuluh pertanian berprestasi tingkat nasional yang berhasil masuk urutan 10 besar dan sebagai yang  terbaik di Propinsi Aceh di tahun 2010. Apalagi keberhasilan yang diperolehnya dalam masa pandemic Covid 19, yang nyatanya, para pejabat terkait di Pemkab Bireuen, maupun pejabat di  Propinsi Aceh, tidak menaruh perhatian sedikitpun, bahkan mengapresiasipun, tidak.

“Memang Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bireuen yang mengirim WA, yang hanya berisikan Selamat Atas Kerjasamanya,” sebut Zulfikar ditanya tentang penghargaan yang diberikan atasannya itu.

“Alhamdulillah,  ini merupakan prestasi yang kedua kali kalinya, sebelumnya tahun 2016, Kelompok Tani Gapoktan, sebagai yang terbaik tingkat nasional, untuk tahun 2020,  berhasil meraih penghargaan dan masuk 10 besar katagori BPP berprestasi”   ungkap Wakil Kepala BPP Kota Juang,  Zulfikar.

Untuk diketahui dalam upaya  meraih prestasi tersebut secara mendetail  pria yang juga punya hobi otomotif itu  menjelaskan semua yang terlibat di kantor  Balai Penyuluhan Pertanian Kota juang  Bireuen telah bekerja optimal  dengan mengikuti setiap tahapan yang harus dilalui. “Adapun beberapa aspek yang dinilai pada  Balai Penyuluhan Pertanian seperti kelengkapan data Sarana Prasana, kevalidasian data, Sumberdaya Manusia dan Manajemen Operasional,” kupasnya.

“Sebelumnya pada bulan Juli telah   dilaksanakan verifikasi oleh Tim Evaluasi, dari  Dinas Pertanian provinsi Aceh Alhamdulillah kita  memperoleh skor tertinggi dan  menjadi BPP terbaik  tingkat Kabupaten ” kata pria yang juga hobi balap motor saat itu.

Dikatakan,  Mengingat kondisi Covid 19 yang belum mereda waktu itu, maka proses penilaian dilakukan secara virtual serta administrasi dengan mengirimkan dokumen dan profil ke Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan setelah melalui beberapa tahapan evaluasi dan verifikasi BPP kota juang Kabupaten  berhasil menjadi salah satu BPP berprestasi tingkat nasional ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor: 478/KPTS/KP.590/M/8/2020 tanggal 14 Agustus 2020 Tentang Pemberian PENGHARGAAN Bidang Pertanian Tahun 2020.(Maimun Mirdaz)

Pos terkait