Sitename

Description your site...

PNL Gelar Puncak Acara Milad Ke-30

1507 KALI DIBACA
PNL Gelar Puncak Acara Milad Ke-30

Lhokseumawe | BN – Dihadiri Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti Dr. Totok Prasetyo, B.Eng, MT yang mewakili Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Prof. H. Mohammad Nasir, Ph.D.,Ak, Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) menggelar puncak acara dalam Rapat terbuka Senat PNL dalam rangka Dies Natalis ke-30 dan orasi ilmiah dengan tema “Peran Politeknik Negeri Lhokseumawe Dalam Menyongsong Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe” pada Senin, (18/12/2017) di Gedung Auditorium kampus tersebut.

Kegiatan tersebut merupakan puncak acara Dies Natalis kampus Politeknik tertua di Aceh ini, dimana pada Sabtu, (17/12/2017) kemarin juga digelar serangkaian acara yang bertajuk Family Day, setelah beberapa waktu lalu juga digelar berbagai kegiatan, seperti Fun Bike & Fun Walk, Seminar Nasional, Kuliah Umum Internasional dan aneka kegiatan lainnya.

Direktur PNL Ir. Nahar, MT dalam pidatonya menyampaikan bahwa PNL didirikan pada tahun 1985 oleh bantuan Bank Dunia XIII dengan nama Politeknik Universitas Syiah Kuala.
“PNL menyelenggarakan pendidikan pada tanggal 5 oktober 1987, dengan tiga program studi dalam tiga Program Studi Diploma III (jurusan Teknik Sipil), Program Studi Diploma III Teknik Kimia (Jurusan Teknik Kimia) dan Program Diploma III Teknik Mesin (Jurusan Teknik Mesin). Pada tahun 1997 berdasarkan SK Mendikbud No. 100/O/1997, PNL dinyatakan kemandiriannya menjadi perguruan tinggi mandiri dengan nama Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Saat ini PNL sudah mempunyai enam jurusan dengan 22 Program Studi, yang terdiri dari 9 Program Studi Sarjana Terapan (D4) dan 13 Program Studi Diploma III,” papar Nahar.
Lanjut Nahar, mimpi PNL saat ini adalah menjadi Perguruan Tinggi Vokasi yang Mandiri, Unggul dan Global (Manunggal) ?

Sampai saat ini PNLsudah mempunyai 17 ribu alumni, yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri, dan sudah bekerja di berbagai sektor serta menjadi entrepreneur sukses yg mendatangkan manfaat untuk masyarakat sekitar.
“Lulusan kami sudah bekerja di berbagai sektor, PNL juga menjadi salah satu yang mendapatkan kepercayaan dari pemerintah pusat dalam program revitalisasi untuk mendukung keberadaan KEK Arun Lhokseumawe,” kata Nahar.

Dalam kesempatan itu, Nahar juga berharap kepada Wakil Gubernur Ir. Nova Iriansyah, MT, untuk melanjutkan pembangunan gedung auditorium PNL yang masih setengah jadi.
“Gedung auditorium ini masih setengah jadi, dulu dibangun masa Gubernur Irwandi periode pertama, kami berharap di periode ini bisa diselesaikan oleh Pemerintahan Aceh sekarang,” harap Nahar.

Nahar juga mengatakan bahwa saat ini lahan PNL seluas 15 hektar, dengan mahasiswa mencapai 5.500 orang, dan tenaga pendidik sebanyak 500 orang.
“Kondisi ini menyebabkan perluasan kawasan kampus mutlak diperlukan. Mohon dukungan Menristekdikti,” pungkas Nahar.

Pantauan media ini, selain dihadiri perwakilan Menristekdikti, kegiatan tersebut juga dihadiri mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Ir. Azwar Abubakar, MM, juga terlihat hadir tokoh masyarakat Dr. Ir. Tarmizi Kirim, M. Sc,

Wakil Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT Dalam kesempatan ini, Ia menanggapi permintaan Direktur PNL terkait permintaan kelanjutan pembangunan gedung auditorium PNL, wagub mengatakan belum ada usulan di meja pimpinan Pemerintahan Aceh.
“Untuk itu usulannya ditunggu,” kata Nova singkat seraya mendapat aplaus dari tamu yang hadir.

Nova dalam sambutannya juga mengatakan, generasi muda Aceh harus memperkuat ketrampilan dan keahlian melalui pendidikan vokasi. “Sehingga nantinya bisa mengisi peluang pekerjaan di berbagai sektor. KEK Lhokseumawe lebih menjanjikan dibandingkan menjadi PNS,” pesan Nova.

Sementara itu Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Ristekdikti Dr. Totok Prasetyo, B.Eng, MT mengatakan pihaknya sangat mendukung program revitalisasi PNL.
Acara itu juga dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada Dewan Penyantun, tokoh masyarakat yang dianggap berjasa kepada PNL, Stake Holder dan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yg berdedikasi tinggi. serta disertakan kegiatan ” Launching Expo Politeknik Negeri lhokseumawe yang di buka secara resmi oleh bapak Wagub.(rel)