Sitename

Description your site...

Peringati Sumpah Pemuda, SDN 01Buantan Lestari Taja Pawai Keliling Kecamatan

Peringati Sumpah Pemuda, SDN 01Buantan Lestari Taja Pawai Keliling Kecamatan

SIAK (BN).SDN 01 Buantan Lestari  adakan upacara peringati sumpah pemuda dihalaman sekolah dan juga dilanjutkan dengan pawai keliling kecamatan dan sosialisasi satlantas di Mapolsek Bungaraya. Dalam upacara ini komandan upacaranya  guru penjaskes Supri spd dan Inspektur upacara Babinkamtibmas Kampung Buantan Lestari Brigadir Rasidi.

Amanat yang disampaikan inspektur upacara Rasidi kepada seluruh peserta adalah agar anak-anak lebih meningkatkan lagi belajarnya bisa menjadi keder bangsa yang berbudi pekerti yang baik dan menjaga diri agar tidak terpengaruh oleh budaya luar.

“Untuk itu saya berharap kepada anak-anak agar bisa menjadi anak yang cerdas, rajin belajar dan menjadi anak yang soleh soleha, jangan mudah terpengaruh oleh budaya budaya yang negatif yang bisa menjerumuskan kita kejalan yang buruk, seperti kebiasaan mencuri, menindas junior atau adik-adik kelas dan lain-lain yang dapat merugikan diri kita maupun orang lain,”ungkapnya.

Setelah upacara sumpah pemuda selesai, para anak-anak peserta upacara menampilkan lagu-lagu serta tarian-tarian daerah dengan mengunakan pakaian-pakaian tadisional dari berbagai daerah dihalaman sekolah SDN 01 Buantan Lestari. Setelah itu, dengan mengunakan sepeda hias dari masing-masing anak dan ditambah lagi beberapa mobil dan sepeda motor, pihak sekolahan melakukan pawai keliling Kecamatan Bungaraya yang dimulai dari halaman sekolah menuju ke Kampung Jayapura.

” Setelah memperingati sumpah pemuda kita juga mempertunjukan tari seni beberapa dearah setelah itu  kita lakukan perjalanan start dari halaman sekolah menuju Kampung Jayapura, lalu dilanjutkan ke Kampung Bungaraya dan singgah di Mapolsek Bungaraya mendengar pengarahan dari pihak Kepolisian dalam rangka mensosialisasikan tertib berlalu lintas,”ujar M. Winto, Kepsek SD Negeri 01 Buantan Lestari kepada bongkarnews.com Sabtu sore (28/10).

Lebih lanjut menurut Winto bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia yang merupakan bagian dari jati diri bangsa.

“Dengan kita memperingati hari kelahiran Pancasila dan sumpah pemuda agar kita bisa menghadapi tantangan global kedepan dalam meneguhkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” jelasnya.

Dalam menjaga kebhinekaan bangsa Indonesia, menurut Winto, Pancasila memang sudah menjadi jati diri bangsa Indonesia dan ini sudah diteguhkan lagi dengan memperingati setiap tanggal 1 Juni.

“Supaya ke depan dengan tantangan global ini bersama-sama anak bangsa Indonesia meneguhkan komitmen untuk mempertahankan dan mengamalkan Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika dan UUD 45,” jelasnya lagi.

Winto juga memaparkan, Pancasila juga dapat dijadikan fundamen bangsa dalam menghadapi tantangan berupa keterbukaan internasional dan serbuan budaya asing. Menurut dia, keterbukaan internasional merupakan tantangan global yang tidak bisa dihindari oleh bangsa Indonesia.

“Di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari perkembangan internasional. Oleh sebab itu dengan peringatan Hari Lahir pancasila ini sekaligus kita meneguhkan kesatuan dan persatuan kita guna menghadapi tantangan global bukan hanya persoalan ideologi tapi juga persaingan ekonomi, daya saing nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat,”pungkasnya. (Sugianto)

 

banner 468x60