Pemkab Sergai – PT KAI Jalin MoU

SERGAI | Bongkarnews.com – Kereta Api merupakan alat transportasi yang menarik, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua cenderung suka melihat dan naik kereta api.

Mengingat hal tersebut, kereta api memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan di Serdang Bedagai (Sergai) ditambah lagi dengan kondisi alamnya yang memiliki garis pantai indah dan berpasir putih.

Selain itu beragam sejarah mengenai pembangunan dimasa lalu,beragam jenis olahan makanan dan oleh-oleh khas daerah sehingga mampu menyedot perhatian masyarakat luas terkhusus masyarakat Sumatera Utara (Sumut) untuk dapat hadir dan berkunjung melihat dan belajar mengenai keindahan serta sejarah sergai.

Hal itu disampaikan Bupati Sergai Ir.H.Soekirman dalam sambutannya pada acara penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara ( Sumut), bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah,Senin (15/11).

Kerja sama tersebut dalam hal bidang teknis, operasional, pelayanan, bisnis dan lainnya yang berkaitan dengan pelayanan transportasi kereta api di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Selain Bupati hadir juga Wabup H Darma Wijaya, Vice President PT KAI Divisi Regional I Rusi Haryono beserta jajaran, Para Asisten, Para Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat serta Pelaku usaha di Sergai.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa Sergai memiliki 6 Stasiun sepanjang jalur kereta api kurang lebih 50 KM, sangat strategis yang dibangun pada saat pembangunan perkebunan di zaman dahulu dan memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi.

Seperti halnya Stasiun kereta api yang ada di Kecamatan Teluk Mengkudu,letaknya berdekatan dengan wilayah sejarah 1916 milik PTPN,di tambah lagi Kantor Bupati Sergai yang rencananya akan di pindahkan persis dekat dengan jalur rel dan Stasiun Teluk Mengkudu, ujarnya.

Bupati mengatakan bahwa dalam hal ini pemerintah daerah harus juga mempersiapkan tempat persinggahan seperti makanan yang nikmat, tour guide, tempat wisata yang menarik, wisata yang baik nyaman dan bersih.

“kesemua ini harus kita bungkus dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang mudah di akses di manapun dan kapanpun oleh masyarakat, maka akan menambah jumlah wisatawan berkunjung di Tanah Bertuah” ujarnya.

Sementara itu, Wabup H Darma Wijaya menambahkan bahwa Sergai sangat bersyukur kereta api akan hadir disini dan merupakan hal yang lama kami tunggu. Dengan hadirnya kereta api di sergai akan membawa dampak pisitif terkhusus dampak ekonomi dan pengeluaran. Hadirnya kereta api mungkin akan menekan pengeluaran ongkos transportasi ASN khususnya yang berdomisili di Kota Medan.

Hal ini tentu mengingat masalah keselamatan terkhusus keselamatan masyarakat di harapkan kepada pihak PT KAI untuk melengkapi persimpangan-persimpangan dengan penjagaan yang cukup,serta PT KAI dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah terkhusus sergai dalam menekan tingkat kecelakaan kereta api.”ujar Wabup.

“Dengan telah terjalinnya kerja sama antara Pemkab Sergai dengan PT KAI di harapkan pada bulan april 2019 sudah ada perjalanan perdana kereta api di sergai.”pungkas Bupati Soekirman.

Sedangkan Vice President PT KAI Divisi Regional I Sumut Rusi Haryono mengatakan bahwa Sergai memiliki potensi yang besar seperti pantai,pasir putih yang di minati wisatawan.

“Saya merupakan salah seorang yang selalu memperhatikan garis pantai yang ada di sergai dengan menggunakan transportasi udara saat saya bepergian.” katanya.

Rusi Haryono juga menyampaikan, kereta api merupakan alat transportasi yang cukup menarik dan mengikuti kemajuan teknologi. Oleh karenanya diharapkan baik pemerintah daerah maupun masyarakat dapat mendukung kemajuan tersebut.

Terkait dengan pemesanan tiket KAI kini penumpang tak perlu lagi susah payah datang ke loket,dengan menggunakan aplikasi yang dapat di download di play store kita sudah bisa memesan tiket dari rumah.” tutupnya. (MF)

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas