Pemkab Dairi Peringati Harganas Ke-27 Tahun 2020

DAIRI | bongkarnews.com – Pemerintah Kabupaten Dairi peringati Hari Keluarga Nasional ke XXVII (27) Tahun 2020 yang dirangkai dengan Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan yang dilaksanakan pada Senin (29/6/2020). Peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXVII tersebut dipusatkan di Puskesmas Kuta Rakyat Kecamatan Sidikalang.

Dalam arahannya, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan keluarga merupakan titik pusat dari Visi Pemerintah Kabupaten Dairi yakni mewujudkan SDM yang Unggul dimana keluarga yang Unggul untuk menuju Dairi yang Unggul yang diyakini akan mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman di Kabupaten Dairi.

Bacaan Lainnya

Pada hakekatnya, Hari Keluarga Nasional dikatakan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu sebagai hari bangkitnya kesadaran untuk membangun keluarga ke arah keluarga kecil yang bahagia, sejahtera melalui program Keluarga Berencana (KB) dan program lainnya.

“Ketahanan bangsa kita ketahui ada pada keluarga, perencanaan bangsa sebagai pilar akan suksesnya bangsa Indonesia ke depan. Tanpa perencanaan keluarga yang matang maka akan sangat sulit bagi kita semua sebagai suatu kesatuan untuk bersaing dengan bangsa bangsa lain” ujar Bupati.

Disampaikan juga, peringatan Hari Keluarga Nasional adalah sebagai ajang untuk kembali menggelorakan dan mensosialisasikan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Ditemui dalam kesempatan tersebut, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Pemerintah bersama dengan TNI memiliki komitmen besar untuk terus menggelorakan prinsip Keluarga Berencana khususnya di pandemi covid-19 ini tidak menghambat kita untuk menggelorakan Keluarga Berencana ini.

“Karena ini sangat penting untuk masa depan bangsa kita. Keluarga yang terencana, keluarga yang baik dan sehat itu adalah pilar bagi SDM yang unggul di Kabupaten Dairi untuk Dairi yang Unggul,” sebut Eddy Berutu.

Bupati Dairi berharap, karena penyelenggaraan ini berlangsung secara nasional dalam masa pandemi covid-19 ini, Pemerintah Pusat mencanangkan agar kita berbagi melayani masyarakat masing-masing di setiap Kabupaten.

“Lakukan sebaik-baiknya dalam batas waktu yang ditetapkan dan melaporkan segera melalui sistem yang disediakan oleh Pemerintah Pusat sehingga kita bisa menunjukkan kualitas kerjasama kita, kesungguhan kita kepada Pemerintah dan kepada saudara kita yang lain di seluruh Indonesia. Selamat Hari Keluarga Nasional,” pungkas Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 02026 Dairi Letkol. Arh. Hadi Purwanto SH yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan pencanangan KB Kesehatan secara nasional dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia. Oleh karena itu, Dandim 0206 Dairi mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berperan karena terselenggaranya pencangangan KB dengan baik baik dari Pemerintah Kabupaten Dairi, BKKBN dan dari Kodim 0206 Dairi. Kegiatan ini dikatakan Dandim 0206 Dairi merupakan bentuk kontribusi kita bersama untuk membentuk manusia yang sehat, cerdas dan sejahtera.

“Pentingnya KB ini karena daya dukung sumber daya alam harus sebanding dengan jumlah penduduk. Perkembangan jumlah penduduk meningkat tajam, inilah pentingnya program KB ini untuk menyeimbangkan jumlah penduduk yang ada dengan ketersediaan sumber daya alam yang ada,” ungkapnya.

Peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXVII Kabupaten Dairi ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu serta pelepasan balon ke udara oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu yang didampingi oleh Ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0206 Dairi.

Dalam peringatan Hari Keluarga Nasional tersebut, Pemerintah Kabupaten Dairi mengadakan Pelayanan KB serentak Sejuta Akseptor di seluruh Puskesmas di Kabupaten Dairi. Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu bersama dengan Dandim 0206 Dairi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0206 Dairi meninjau beberapa tempat pelaksanaan pelayanan KB serentak di Puskesmas Huta Rakyat, Puskesmas Batang Beruh dan RSUD Sidikalang.

 

(BD.007)

Pos terkait