Panwaslih Aceh Utara Laksanakan Apel Siaga Pengawas Pemilu

ACEH UTARA | Bongkarnews.com – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Utara melaksanakan apel siaga Pengawas Pemilu di lapangan upacara Lhoksukon ( 12/4 ). Acara tersebut diikuti oleh Panwaslih Kabupaten, Panwaslih Kecamatan, dan Pengawas Pemilu Gampong ( PPG ) se Aceh Utara sebanyak 993 orang.

Yusriadi Ketua Panwaslih Aceh Utara saat ditemui oleh awak media ini menegaskan keseluruh pengawas harus siap mengawasi jalannya tahapan pemilu 2019 sesuai dengan instruksi atau petunjuk Bawaslu RI.

“Apel siaga ini adalah apel siaga kita sebagai Panwaslih dalam bentuk kesiagaan kita terhadap beberapa persoalan yang mungkin terjadi di hari masa tenang. Salah satunya adalah indikasi politik uang, serangan fajar, hal-hal lain yang bisa mengganggu tahapan-tahapan masa tenang,” kata Yusriadi kepada wartawan usai apel itu,” ujar Yusriadi

Lanjut Yusriadi, pada kesempatan apel siaga tersebut, pihaknya juga turut membacakan beberapa pesan ataupun amanat dari Bawaslu RI agar jajaran Panwaslu ini menjaga integritas dan menjunjung tinggi, serta melakukan pemantauan yang ekstra untuk menciptakan pemilu yang bermartabat.

“Dalam waktu dekat ini, pihaknya juga akan melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) karena memasuki masa tenang. Penertiban APK menjadi salah satu kewajiban partai politik sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 298,” sebutnya

Lanjut lagi Yusriadi, Bahwa alat peraga kampanye ini dibersihkan oleh peserta pemilu. Kemudian, pada hari tenang sebelum hari ” H ” (satu hari sebelum coblos), maka APK itu harus sudah dibersihkan.

Yusriadi menambahkan, untuk saat ini, Panwaslih Aceh Utara telah melakukan berbagai langkah, salah satunya adalah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan berjumpa langsung dengan Satpol PP, dan jumpa juga dengan Sekda untuk dimintai fasilitasi penertiban APK.

“Maka nantinya kami siap menurunkan APK bila tidak diturunkan oleh yang bersangkutan. Intinya kami Panwaslih Aceh Utara hanya memback-up saja. Leading sektornya itu ada di Satpol PP,” imbuhnya lagi.

Sementara Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kabag Ops AKP Iswahyudi pada kesempatan pembukaan apel siaga tersebut menegaskan, pihaknya akan siap memberikan pengamanan untuk sama-sama mewujudkan Pemilu damai.

“Kami TNI dan Polri siap dengan segala risiko. Apapun yang terjadi, kami siap kami hadapi untuk memberikan pengamanan kepada masyarakat pada tahapan Pemilu 2019 ini. Masyarakat tidak perlu takut, kami selalu siap,” tegas AKP Iswahyudi.( SF )

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas