Sitename

Description your site...

script type="text/javascript"> var uid = '184876'; var wid = '396385';

Operator Database se- Sumut Dibekali Aplikasi SIAK dan SIDASI

1807 KALI DIBACA
Operator Database se- Sumut Dibekali Aplikasi SIAK dan SIDASI

Medan,BN -Sebagai Dinas yang baru di Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus melakukan pembenahan sekaligus peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam bidang administrasi kependudukan.

Setelah beberapa lalu menggelar Bimbingan teknis Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, kini Dinas yang saat ini dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Drs H Ahmad Zaki MAP menggelar Workshop Update Pembersihan Database Kependudukan.

Bertempat di Hotel Kanaya Jalan Darusalam pada 28 hingga 30 November 2017 yang lalu diikuti oleh seluruh perwakilan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kota se Provinsi Sumut.

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,  Ahmad Zaki kepada wartawan mengatakan selain melayani penduduk dalam administrasi Kependudukan pihaknya dituntut untuk terus menciptakan inovasi-inovasi dalam pelayanan administrasi kependudukan.

Melalui Workshop tersebut lanjut Zaki peserta dibekali pengetahuan terkait Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) atau Siak Tools dan Aplikasi Sinergisitas Data dan Infromasi (SIDASI) dengan narasumber Nurcholis, Kasi SIAK dan pemanfaatan Data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Disdukcapil Jawa Tengah dan Herlin, Administrator Database Disdukcapil Kota Tanjung Balai.

Selain itu peserta juga dibekali materi pembersihan database kependudukan Kabupaten Kota Provinsi Sumut Semester Kedua.

“Turut hadir sebagai narasumber Kasubdit Pengelolaan dan pelayanan data kependudukan kepada Daerah Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Erikson P Manihuruk, Kepala Seksi Pelayanan Data dan Kependudukan Subdit Pengelolaan dan pelayanan Data dan Kependudukan Subdit Pengelolaan dan Pelayanan Data Kependudukan Kepada Daerah Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Sigit Samtoaji, Agus Setyo dan Arnanda,”ujar Zaki kepada wartawan Rabu (06/12/2017).

Lebih lanjut dikatakan Zaki, database kependudukan dalam server SIAK pelayanan harian yang berada di Kabuapaten Kota se Provinsi Sumut belum database bersih.

Hal ini dikarenakan masih ada data ganda (Duplicate Record), anomaly data dan sebagainya yang mengakibatkan data tersebut tidak dapat dipergunakan dalam pelayanan administrasi kependudukan  seperti KTP Elektronik.

Sehingga mengakibatkan adanya anggapan yang berkembang di masyarakat bahwa pelayanan KTP elektronik dan dokumen kependudukan lainnya berbelit-belit, diperlama-lama.

Oleh karena itu database tersebut perlu diupdate dan dibersihkan sehingga dapat digunakan dalam pelayanan dokumen kependudukan.

“Kita berharap melalui Workshop tersebut akan terjadi transfer ilmu pengetahuan dan pengelola database Provinsi dan Kabupaten Kota di Sumut ini dapat mengelola database Kependudukan Secara professional sehingga kualitas database kependudukan kita lebih baik lagi sesuai dengan aturan perundangundangan yang berlaku,”harap Zaki.(ndo)

 

script type="text/javascript"> var uid = '184876'; var wid = '396385';
script type="text/javascript"> var uid = '184876'; var wid = '396385';