Muksalmina Dinobatkan Jadi Pejuang Desa

ACEH UTARA | Bongkarnews.com – Momentum pelantikan DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Aceh Utara periode 2018-2023 yang berlangsung di Gedung Panglateh, Kecamatan Lhoksukon, Senin (7/05/2018) juga menjadi momentum yang tidak terlupakan bagi ketua DPD Apdesi Aceh Bapak Muksalmina, karena dalam kegiatan tersebut beliau dianugerahi penghargaan sebagai pejuang desa oleh Geusyik se Kabupaten Aceh Utara yang telah bergabung dalam Apdesi. Karena kiprah, konsistensi dan perjuangannya dalam memperjuangkan isu desa maupun keterlibatan aktif dalam advokasi kelahiran UU desa.

Bahkan hingga saat ini masih terus mengawal implementasi UU desa dan kebijakan pemerintah yang berpihak kepada desa melalui kelembagaan Apdesi Aceh. Selain dianugerahi sebagai pejuang desa, Muksalmina juga diberikan apresiasi atas konsistensinya dalam memperjuangkan pemerintah desa oleh Anggota DPR-RI asal Aceh, H. Firmandez yang juga hadir dalam kegiatan tersebut.

“Terimakasih dan mari terus merapatkan barisan dalam memperjuangkan hak dan kewenangan Gampong. Perjuangan kita belum selesai, hanya dengan lahirnya UU desa, namun kita harus memastikan Gampong bisa berdaulat secara politik dan mandiri dalam ekonomi,” kata mantan Ketua Asgara periode sebelumnya itu.

Sebagaimana diketahui Publik selama ini, Muksalmina aktif sebagai ketua Asgara periode 2009-2014 dan Pj Ketua Asgara Aceh Utara selama kurun waktu 2015-2017. Disamping itu, beliau juga menjabat sebagai ketua Forbes Asosiasi Keuchik se Provinsi Aceh periode 2011-2016 dan saat ini menjabat Sebagai Ketua DPD Apdesi Aceh periode 2016-2021 dan aktif sebagai pengurus DPP Lembaga pemerintah desa tersebut.

Pernah menjadi Sekretaris panitia rakernas DPP Apdesi tahun 2014 di Jogjakarta yang dibuka oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono selaku presiden RI saat itu dan rakernas Solo tahun 2015 yang diisi oleh Bapak Ir. Joko Widodo selaku presiden RI saat ini. Dan pernah menjadi ketua panitia Munas Apdesi tahun 2016 yang dibuka oleh Ketua MPR-RI Zulkifli Hasan dan dihadiri oleh menteri dalam negeri (Mendagri) dan beberapa Dirjen lainnya.

Penganugerahan gelar pejuang desa tersebut turut disaksikan oleh anggota DPR-RI H. Firmandez, Bupati Aceh Utara yang diwakili oleh Asisten I, Dayan Albar, S.Sos, perwakilan camat se Aceh Utara, ketua Karang Taruna Aceh Utara, Ketua Forum PKH Aceh Utara, Pengurus Apdesi se Aceh Utara, awak media, imum mukim, geusyik dan para undangan lainnya. (SJ)

EPAPER BONGKARNEWS

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas