Menkominfo Tinjau Proyek Kabel Laut Palapa Ring Timur - Bongkarnews

Sitename

Description your site...

Menkominfo Tinjau Proyek Kabel Laut Palapa Ring Timur

Menkominfo Tinjau Proyek Kabel Laut Palapa Ring Timur

PDA

Liputan HS/Nando

BINTUNI | Bongkarnews.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan proyek infrastruktur jaringan serat optik nasional Palapa Ring yang rencananya selesai pada 2019 akan mampu mengkover kualitas jaringan internet di 34 provinsi dan 440 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Dengan adanya target yang diberikan kepada pelaksana, maka selaku pelaksana Palapa Timur Telematika mengejar target dengan memulai pekerjaan.

Waktu proyek strategis nasional ini yang kian dekat. Palapa Timur Telematika selaku pelaksanaan proyek telah menetapkan waktu kapan beroperasinya akses internet di Indonesia timur ini.

GM Project Implementation Palapa Timur Telematika Benyamin Sembiring, mengatakan sekitar di bulan September ini Palapa Ring paket timur ini ditargetkan selesai pengerjaannya, sehingga pada akhir tahun ini layanan akses internet ini dinikmati masyarakat.

“September itu kita targetkan selesai pengerjaan penggelaran kabel optik ini. Jadi, akhir tahun ini layanan broadband sudah bisa dirasakan,” ujarnya ditemui di sela-sela penggelaran kabel laut serat optik di Teluk Bintuni, Papua Barat, Jumat (11/5/2018).

Palapa Ring paket timur telah mencapai kemajuan 50%, di mana itu penggelaran kabel optik untuk wilayah daratan saja. Sementara itu, penggelaran kabel serat optik bawah laut dilakukan pada hari ini, di mana difokuskan di Teluk Bintuni.

Koesmarihati pada kegiatan Roundwon Kunjungan Kerja Pegelaran Kabel Palapa Ring Timur, bertempat di bekas Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Bintuni  Kampung Lama, Jumat  13 Mei 2018.
Dengan menumpang pesawat Lion Air, rombongan tiba di Teluk Bintuni. Dalam sambutanya pada masyarakat dan awak media, Koesmarihati sangat kagum dengan keindahan alam Indonesia bagian timur ini, tak henti dirinya selalu mengungkapkan rasa syukur dan sambutan yang diberikan. Sebelum meninjau langsung gelar kabel serat optik di tengah laut menggunakan kapal Nostag 10 berserta rombongan.

“Proyek ini terbagi tiga meliputi Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah dan Palapa Ring Timur yang paling besar adalah di timur, dari 57 Kota/Kabupaten  tadi  35 berada di Palapa Ring Timur dan di tambah kota inter koneksi 70 – 80 Kabupaten kota” ucap Koesmarhati.

Koesmarihati  sangat berharap dan memohon doa restu agar proyek ini dapat berjalan dengan baik dan selesai secepat mungkin. Ini di ucapkanya di hadapan para tamu undangan di antaranya Plt Sekda Teluk Bintuni Drs Gustaf Manuputty SSos MM, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Teluk Bintuni  DR Alimudin, Kadis Infokom Teluk Bintuni Markus Sraun, Kadis Pertanahan dan Lingkungan Hidup Saiful Anwar Kilian SP Kasat BIMMAS Polres Teluk Bintuni IPTU Zakaria Tampo SH dan para pegawai dari Dinas Teluk Bintuni.

Pada kesempatan ini pula sekda berharap agar pekerjaan ini berjalan dengan baik dan berpesan agar pihak pekerja dapat menjalin hubungan baik antara masyarakat setempat.

“Kalau di Papua sedikit berbeda dengan wilayah lain, teman-teman pelaksana senantiasa koordinasi dengan pemda setempat melalui Dinas Kominfo agar tidak berbenturan dengan masyarakat adat, itu yang terpenting, karena project ini demi kesejahteraan seluruh masyarakat” ujar Plt Sekda Gustav Manuputty.

Pemerataan dan Peningkatan Broadband (pita lebar) Wilayah Timur bernilai 5,13 Triliun yang masuk dalam Project Strategis Nasional (PSN) Palapa Ring Timur yang di kerjakan oleh PT. Palapa Timur Telematika selaku Badan Usaha Pelaksana yang dibentuk oleh konsorsium Moratelindo, IBS dan Smart Telecom, perdana menggelar (mulai pengerjaan) kabel laut jaringan tulang punggung serat optik segment teluk bintuni sepanjang 255 km, yang menghubungkan Bintuni – Tangguh – Teminabuan.

Sebelum meninjau gelar perdana kabel serat optik , terlebih dahulu dilakukan pemaparan progres pengerjaan Palapa Ring Timur oleh Humas BP3TI pada Kementerian Kominfo dan PT. Palapa Timur Telematika kepada Pemerintah Daerah Teluk Bintuni di Aula eks Kantor Dinas Perhubungan, Jety Kampung Lama.

“Proyek Palapa Ring Paket Timur akan menjangkau 35 kabupaten/kota yang tersebar dan menjangkau wilayah propinsi Nusa Tenggara Timur (2 kabupaten), Maluku (3 kabupaten), Papua (23 kabupaten) dan Papua Barat (7 kabupaten) dengan total panjang jaringan 8454 km yaitu 50% merupakan kabel fiber optik laut, 45% kabel fiber optik darat dan 5% microwave links” ujar Benyamin Sembiring selaku Pimpinan Project Palapa Ring Timur dari PT Palapa Timur Telematika.

Lanjut Benyamin, pengerjaan segment Bintuni – Tangguh – Teminabuan (255 km) mulai lakukan gelar kabel serat optik oleh Kapal Nostag 10 per 11 Mei 2018.

“Nostag 10 sudah mulai membentangkan kabel hari ini , di bantu oleh kapal tongkang ASL Voyager, mulai dari muara bintuni menuju tangguh dan teminabuan, dengan waktu pengerjaan paling lambat 1 bulan jika tidak ada kendala” kata dia.

Untuk diketahui, ecara keseluruhan pengerjaan Palapa Ring Timur baik di wilayah pegunungan maupun kabel bawah laut, saat ini sudah mencapai 50 persen dan ditargetkan selesai paling lambat akhir tahun 2018, untuk selanjutnya masyarakat dapat menikmati akses internet unlimited yang setara dengan pulau jawa, dan tentunya mendukung program nawacita Joko Widodo dalam mewujudkan pemerataan sosial ekonomi melalui jaringan internet yang terintegrasi dan berkapasitas besar.