Mahasiswa Tuntut Rektor Ganti Wakil Rektor III Unsam

example banner

KOTALANGSA | Bongkarnews.com – Ratusan mahasiswa Universitas Samudera Langsa (Unsam) yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Unsam menuntut Rektor setempat untuk menggantikan segera Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. Permintaan itu disampaikan saat melakukan aksi demo di halaman gedung universitas samudra Langsa (Rektorat) Aceh, Senin (20/8).

Menurut pantauan wartawan dilapangan, sekitar pukul 11.00 WIB, para mahasiswa bergerak dari aula menuju gedung rektorat diiringi dengan teriakan “hidup mahasiswa”. Setibanya di gedung rektorat, mereka pun langsung membacakan petisi tuntutan mahasiswa .

Salah satu tuntutannya adalah meminta Rektor untuk segera mengganti Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Bukhari katanya.

Menurut mahasiswa, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan diganti dikarenakan kurang baiknya manajemen dalam mengatur bidang kemahasiswaan, memperlambat urusan kemahasiswaan, kurangnya partisipasi terhadap mahasiswa – mahasiswi, penyalahgunaan administrasi, tidak dapat mengayomi mahasiswa dengan baik, tidak layak sebagai Warek III katanya.

“Panggil Rektor”, teriak Presiden Mahasiswa Syahrul Ramadhan dengan nadanya yang tegas. “Panggil,” sambut para pendemo. Selain itu, mahasiswa juga meminta kejelasan akreditasi kampus yang belum ada kejelasan sampai saat ini.

“Ganti, ganti, ganti, ganti, ganti Wakil Rektor,” teriak mahasiswa- mahasiswi tersebut. “Bukan Wakil Rektor tapi pembantu Rektor,” teriak Presiden Mahasiswa itu lagi. “Betul,”sahut ratusan mahasiswa- mahasiswi.

45 menit kemudian, pihak Rektorat meminta para pendemo untuk masuk kedelam kampus, namun para pendemo bersikeras untuk meminta Rektor menjumpai mereka di luar.

Para mahasiswa pun melanjutkan aksinya dengan menyanyikan lagu buruh tani, darah juang lagi. “Jika tuntutan tidak direspon maka kami akan menginap disini (kampus) sampai Rektor datang,” teriak lantang Presiden mahasiswa – mahasiswi tersebut. “Sudah muak kami melihat birokrasi sombong dan congkak seperti ini”, ujar Presiden Mahasiswa tersebut.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Bukhari yang menerima mahasiswa mengatakan Rektor tidak sedang tidak ada ditempat pungkasnya.

“Kalau mau ketemu sama pak Rektor, hari ini pak Rektor sedang tidak ada ditempat,”kata Bukhari.
“Bohong”, teriak panjang mahasiswa mahasiswi.Bukhari melanjutkan, aspirasi hari ini akan disampaikan ke Rektor nanti katanya.

“Tidak mau,” jawab mahasiswa – mahasiswi serempak.
Mahasiswa meminta Warek III untuk menghubungi Rektor melalui Video Call untuk mengetahui keberadaan Rektor tersebut. Namun Bukhari hanya menghubungi via handphone saja. Setelah menghubungi Rektor, Rektor minta ketemu setelah lebaran. “Pak Rektor minta ketemu habis lebaran,” kata Bukhari. “Gak mau,”sontak mahasiswa menjawab.

Sampai berita ini diturunkan, para mahasiswa yang mengusung berbagai poster tersebut dan spanduk itu pun masih melakukan orasinya sampai ada penjelasan yang kongkrit tandasnya.( Zainal)

EPAPER BONGKARNEWS

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas