Keren ! RSUD dr Fauziah Bireuen Kini Sudah Ada Dokter Spesialis Jantung

BIREUEN | Bongkarnews – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Fauziah Bireuen terus menyempurnakan kapasitasnya baik bidang manajement serta kebutuhan ahli medis untuk senantiasa siaga melayani pasien. Setelah beberapa waktu lalu tersedia dokter spesialis mata (Optalmologis), kini pihak pengambil kebijakan RumahSakit Andalan warga Bireuen tersebut kembali mendatangkan dokter spesialis jantung (Kardiolog) untuk bertugas di Kabupaten Bireuen.

Sebelumnya masyarakat yang membutuhkan penangan medis tentang masalah jantung terpaksa pergi berobat keluar daerah. Jikapun ingin mendapatkan layanan awal dengan rawatan inap dan opname, penderita sakit jantung biasanya dilayani oleh dokter spesialis bagian saraf atau spesialis penyakit dalam.

Bacaan Lainnya

Kemajuan tersebut disampaikan Direktur RSUD Bireuen, dr Amir Addani M Kes ketika bertemu sejumlah wartawan di posko penanganan Covid – 19 Pendopo Bupati. “Mulai hari ini Senin 11 Mei 2020, Rumah Sakit Umum Daerah dr Fauziah Bireuen sudah tersedia ahli medis spesialis jantung bernama dr Nanda SP Jp, dan bahkan dr Nanda sudah memulai aktivitasnya melayani pasien penyakit jantung sejak pagi tadi,” urai dr Amir.

Kalau untuk dokter spesialis mata sendiri, sudah beberapa bulan lalu tersedia di RSUD Bireuen, dan sudah dalam jumlah ratusan pasien penyakit mata yang datang dari berbagai kecamatan dan malah dari kabupaten tetangga semisal dari
Kabupaten Bener Meriah, Takengon, Pidie Jaya termasuk datang dari Aceh Utara, meskipun di rumah sakit daerah itu juga tersedia dokter spesialis penyakit mata..

Amir Addani juga menjelaskan menyangkut kebutuhan peralatan medis bagi pasien sakit jantung yakni peralatan echo cardio grafi beserta peralatan pendukung lainnya diakui dr Amir sudah tersedia dengan sangat lengkap dan memadai. “Sementara ini .juga sudah tersedia pendukung “Saat ini, sang dr spesial penyakit jantung itu disamping menangani pasien rawat jalan serta rawat inap, yang bersangkutan tetap berada di Poliklinik setiap hari kerja,” terangnya.

Selain iitu, ahli medis yang sebelumnya menjabat Kdis Kesehatan Pemkab Bireuen ini turut mengutarakan jika pihak nya di kabupaten telah menyampaikan perkembangan ini melalui surat resmi kepada Puskesmas-Puskesmas yang ada di 17 kecamatan dalam Kabupaten Bireuen, khususnya memberitahukan bahwa apabila ada pasien penyakit jantung maka langsung dirujuk dan ditangani di RSUD Bireuen.

“Pasien rujukan tentu saja dilengkapi dengan surat rujukan beserta syarat-srat lainnya sesuai ketentuan pihak BPJS, terkecuali bagi pasien emergency yang bisa langsung masuk rumah sakit,” papar Amir Addani.

Direktur turut menambahkan bahwa dengan sudah adanya dokter spesialis jantung, maka jumlah dokter spesialis di RSUD Bireuen kini ada sebanyak 51 orang. Jumlah itu tidak termasuk dokter spesialis gigi plus sub spesialis lainnya.

Tidak cuma kemajuan tentang tambahan jumlah dokter,, di rumah sakit pelat merah itu kini juga telah ada spesialis radiologi, mata, saraf, gizi klinik, THT, rehabilitasi medis dan spesialis jantung dan pembuluh darah. Termasuk pula spesialis kulit dan kelamin, kesehatan jiwa, paru, urologi, kedokteran forensic dan sejumlah sub spesialis seperti sub spesialis anak, obgyn, bedah mulut, konservasi gigi dan orthodinti.

“Dengan telah tersedianya ahli medis dan memliki sarana prasarana pendukung tinggal mengharap sangat dukungan positif dari keseluruhan mereka sistem pelayanan di RSUD dr Fauziah akan lebih baik hingga mampumenjadikan RSUD dr Fauziah sebagai rumah sakit rujukan dari beberapa kabupaten/kota yang ada di Propinsi Aceh,” demikian ungkapan tuntas Direktur RSUD dr Fauziah Bireuen dr Amir Addani menyudahi keterangannya.(Roesmady)

Pos terkait