Sitename

Description your site...

Kepsek SMPN 4 Siak Kecil, Programkan Peningkatan Akreditasi dan Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi

Kepsek SMPN 4 Siak Kecil, Programkan Peningkatan Akreditasi dan Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi

Bengkalis(BN)Pendidikan salah satu nawacita Presiden RI, Joko Widodo, melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui program ‘Indonesia Pintar’ melalui Wajib Belajar 12 tahun bebas pungutan, meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional dengan prasarana dan sarana dengan teknologi terkini, melakukan revolusi karakter bangsa, membangun pendidikan kewarganegaraan dan memperteguh ke-bhinneka-an dan memperkuat restorasi sosial Indonesia. Pendidikan di sejumlah daerah telah membuat satu terobosan yang sifatnya positif, seperti Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau, yang mengedepankan pendidikan “one day one ayat”, bagi tingkat SD dan SMP sederajat, hal ini sudah berjalan satu tahun, dan manfaatnya telah dirasakan siswa-siswi anak didik SD-SMP sederajat yang sudah mampu membaca al quran. Dinas pendidikan Bengkalis, melalui UPT pendidikan kecamatan mendorong setiap kepala sekolah mampu berbuat terobosan baru di sekolah masing-masing seperti akreditasi juga pengakuan di bidang lingkungan seperti Adiwiyata.

Kepala sekolah SMPN 4 Siak Kecil, Drs. Yohanis, salah satu kepala sekolah yang kurang lebih dua bulan menjabat, mengemukakan kemedya ketika di konfirmasi lansung di ruangan kerjanya,” sejak di lantik sebangai kepala sekolah oleh dinas, serta merta kita dihadapkan berbangai tanggung jawab yang berhubungan dengan pendidikan, terutama di SMPN 4 Siak Kecil, dimana sekolah ini berdiri pada tahun 1998, dengan tenaga pengajar 12 orang, dua orang tenaga tata usaha, serta satu orang tenaga honor daerah, juga satu orang tenaga honor komite, perlu mengeluarkan energi serta pemikiran dalam pembenahan di sekolah ini”, ujar, Kepsek.

Mencermati tenaga pendidik yang ada saat ini, sambungnya, perlu pembenahan dengan penambahan guru serta peningkatan status rekan-rekan tenaga pengajar yang telah lama mengabdi di sekolah ini, juga yang perlu menjadi perhatian bersama dan sangat orgen untuk di benahi masalah perbaikan infrastruktur rehap bangunan, juga pengadaan laboratorium guna meningkatkan prestasi siswa-siswi di bidang akademik dan ekstrakurikuler untuk menuju peningkatan Akreditasi sekolah dan mendapatkan pengakuan  Adiwiyata, kita harapkan kepedulian dan perhatian PemKab Bengkalis melalui Dinas Pendidikan terkait hal ini, juga tidak terlepas perhatian dari Pemerintah Propinsi dan Pusat “, kata, Kasek. SMPN 4 Siak Kecil, telah menerima penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten, program berikutnya tentunya menuju adiwiyata tingkat Propinsi, untuk menuju Adiwiyata Proponsi, sekolah ini membuat kerjasama sejenis MoU dengan SMPN I Bantan, sebangai binaan untuk Adiwiyata tahun 2018 tingkat Propinsi, ungkap, Yohanis. SMPN I Bantan, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau, telah menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri tahun 2017, lanjutnya, sebangai penerima penghargaan Adiwiyata Mandiri tingkat Nasional , tentunnya sekolah tersebut harus mempunyai sekolah binaan terkait Adiwiyata, disisi lain, selain Adiwiyata, kita sedang fokus menyurati BAP ( Badan Akreditasi Propinsi) permohonan parpanjangan agreditasi yang ada, dan sekaligus permohonan peningkatan status Akreditasi , tutur, Drs. Yohanis.

Penghargaan Adiwiyata Mandiri adalah Penghargaan berupa piagam dan piala yang diberikan kepada Sekolah atau Madrasah yang telah mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Nasional, berhasil mencapai nilai minimal 72 dan telah berhasil membina minimal 10 sekolah binaan sampai berhasil menjadi Sekolah Adiwiyata Kabupaten atau Kota. Penilaian dilakukan berdasarkan Kriteria Penilaian ProgramAdiwiyata yang meliputi empat komponen yaitu,kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, Kurikulum sekolah berbasis lingkungan, kegiatan sekolah berbasis partisipatif dibidang lingkungan, pengelolaan sarana prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.(P. Siagian)

banner 468x60