Kepling dan Pengurus Parpol Ikuti Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

SIANTAR | bongkarnews.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi Peraturan Perundang-undangan bidang Wawasan Kebangsaan. Sosialisasi yang diikuti kepala lingkungan (kepling), perguran tinggi, dan pengurus partai politik (parpol) itu dilaksanakan di Hotel Sapadia, Jalan Diponegoro Pematangsiantar, Rabu (27/11).

Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM dalam sambutannya yang dibacakan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kusdianto SH mengatakan, bangsa Indonesia merupakan bangsa majemuk karena terdiri atas berbagai suku bangsa, adat istiadat, budaya, bahasa daerah, serta agama yang berbeda-beda.

“Keanekaragaman tersebut mengharuskan setiap langkah dan kebijakan negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diperkuat dengan persatuan dan kesatuan,” katanya.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, pemahaman empat konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dapat memerkokoh wawasan kebangsaan dalam menyikapi gerakan globalisasi secara tepat dan menguntungkan bagi perkembangan negara. Tujuannya, membentuk warga negara yang sadar bahwa dirinya adalah warga negara dari suatu negara bangsa yang memiliki hak dan kewajiban sesuai UUD 1945 berdasarkan Pancasila serta mampu mengimplementasikannya dalam berbagai kehidupan sehari-hari, terutama dalam membina kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Dalam melaksanakan tugas-tugas pelayanan sehari-hari, para peserta dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat di wilayah masing-masing tentang empat konsensus dasar. Sehingga proses pembangunan, kerukunan, dan toleransi dapat berjalan dan terlaksana guna mewujudkan Siantar Mantap, Maju, dan Jaya,” katanya.

Sementara dalam laporannya, Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Pematangsiantar Soefie M Saragih SSTP menjelaskan maksud dan tujuan pelaksanaan sosialisasi tersebut, yakni memantapkan pemahaman tentang empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara bagi unsur masyarakat di Kota Pematangsiantar.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0207/Simalungun diwakili Mayor Neddi Simanjuntak, Dekan Fakultas Hukum Universitas Simalungun (USI) DR Ridwan Manik SH MHum, dan dosen FKIP USI Jalatua Hasugian SPd MH.(EP)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *