Kemauan Berperilaku Hidup Sehat Merupakan Modal Ketangguhan Suatu Bangsa

BENGKALIS | Bongkarnews.com – Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November dalam suatu rangkaian kegiatan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Tema yang diangkat adalah“Aku Cinta Sehat”, dengan subtema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”. Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Dinas UPT-Kesehatan Siak Kecil dan UPT Dinas Kesehatan Sadar Jaya bekerjasama dengan Kecamatan laksanakan HKN ( Hari Kesehatan Nasional) hari ini, Senin tanggal 5 Nopember 2018. Adapun acara di gelar di kantor Desa Tanjung Belit, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Riau. Kegiatan HKN, dihadiri, Camat Siak Kecil Fadlul Wajdi, serta jajaran, Ka-UPT Dinas Kesehatan Lubuk Muda, dr. Tuana Yosef Manalu MP beserta staf, Ka-UPT Dinas Kesehatan Desa Sadar Jaya, dr. James Manulang, Ketua tim PKK Kecamatan, Rahma Yenny, Kades Tanjung Belit, Joko Margono, dan ratusan masyarakat usia lansia desa Tanjung Belit dan warga lainya.

Inti dari HKN Siak Kecil, menghimbau masyarakat agar membiasakan diri mengkonsumsi beragam sayur dan buah nusantara. Makan sayur dan buah merupakan salah satu upaya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang harus benar-benar diterapkan setiap waktu oleh seluruh masyarakat Indonesia, dengan kesadaran sendiri. Masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat dibutuhkan baik di Pusat maupun Daerah. Menteri Kesehatan melalui HKN mengharapkan kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk mensosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan dan memperkenalkan program-program kesehatan guna mendapatkan dukungan politis serta dukungan sumber daya dari seluruh jajaran Pemerintah Pusat dan Daerah.

Camat Siak Kecil Dalam kata sambutan dengan singkat menyampaikan, atas penyelenggaraan HKN (Hari Kesehatan Nasional) ini, kami pemerintahan kecamatan Siak Kecil mengucapkan terima kasih. ” atas nama pemerintahan kecamatan Siak Kecil kami mengucapkan terima kasih ke semua pihak terutama Dinas UPT kesehatan atas pelaksanaan HKN. Dengan terselenggaranya acara ini, tentunya masyarakat kecamatan Siak kecil akan semakin sehat, mari kita sama-sama komitmen ciptakan hidup sehat demi keluarga kita dan masa depan bangsa kita. Bangsa yang sehat jasmani dan rohani tentu menjadi modal ketangguhan suatu bangsa”, jelas, Camat, Fadlul Wajdi.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Kepala UPT Puskesmas Lubuk Muda, dr T.Y.Manalu, mengatakan, apa yang disampaikan oleh camat dan kepala desa terkait komitmen untuk kesehatan sangat baik.” Apa yang di sampaikan camat dan kepala desa Komitmen komitmen untuk kesehatan sangatlah baik. Untuk itu mari kita sama-sama komitmen bersama dengan tema “ayo hidup sehat mulai dari kita”. kesehatan dimulai dari kita sendiri yang tentunya manfaatnya juga untuk kita sendiri”, tandas Ka-UPT Dinas kesehatan.

Kegiatan lain yang di gelar Dinas UPT Kesehatan bersamaan dengan acara HKN Ke 54 dari konfirmasi media Ini ke Kepala UPT Kesehatan, yakni, Senam Jantung Sehat, Disseminasi Informasi Pencegahan Hipertensi, Pemeriksaan dan Skrining Penyakit Tidak Menular PTM, serta IVA TEST-Inspeksi Visual Asam Asetat. Road Show Pembentukan Kelembagaan Kecamatan Sayang Ibu-KSI di 17 Desa se-Kecamatan Siak Kecil dengan Dua Wilayah Kerja UPT Puskesmas Lubuk Muda dan UPT Puskesmas Sadar Jaya. Dengan pendekatan Desa Siaga dan Pembentukan Kelembagaan Taman Obat Keluarga-TOGA dengan leading sektor PKK Kecamatan dan PKK Desa. (tonagian)

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas