Kasdam 1/BB Tutup TMMD ke-104 di Batubara

BATUBARA | bongkarnews.com – Kasdam 1/BB Brigjen TNI Hassanudin secara resmi menutup pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019 di Lapangan Bola Kaki, Desa Sei Balai, Kecamatan Sei Balai, Batubara, Rabu (27/3/2019).

Sebelum ditutup secara resmi, Kasdam 1/BB Brigjen TNI Hassanudin bersama Danrem 022/PT Kolonel Inf R Wahyu Sugiarto, Dandim 0208/AS Letnan Kolonel Inf Sri Marantika Beruh, Bupati Batubara Bapak Ir.H. Zahir,M.AP beserta rombongan meninjau pelaksanaan TMMD di Desa Mekar Baru, Kecamatan Sei Balai, Batubara.

Sambutan Kasad selaku penanggung jawab operasional TMMD tahun 2019 yang dibacakan Kasdam I/BB Brigjen TNI Hassanudin mengatakan, upacara penutupan ini sekaligus menandai berakhirnya program TMMD ke-104 yang dilaksanakan serentak di 50 kabupaten/kota di seluruh Nusantara. TMMD yang diprogramkan 3 kali di tahun 2019 ini adalah wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga Negara lainnya untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.

Dikatakannya, sejalan dengan tema TMMD kali ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama-sama membangun daerah guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya. Untuk itu, selama TMMD ini para Prajurit TNI hadir ditengah-tengah rakyat, menyebarkan semangat gotong royong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulan.

Selanjutnya, saya selaku penanggung jawab operasional TMMD mengucapkan terima kasih dan apresiasi seluruh pihak terutama Pemerintah Daerah dan masyarakat atas segala dukungan sehingga TMMD ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan.

Dandim 0208/AS selaku Dansatgas TMMD Ke-104 tahun 2019 Letnan Kolonel Inf Sri Marantika Beruh dalam laporan hasil pelaksanaan menyampaikan, sasaran fisik antara lain : Peningkatan jalan dengan cor beton (rabat beton) sepanjang 551 M selesai 100 % dan Pembuatan irigasi/drainase sepanjang 500 M juga selesai 100 %.

Sedangkan untuk sasaran non fisik, diantaranya : sosialisasi mitigasi bencana kepada masyarakat, penyuluhan pelayanan publik dan kependudukan, Penyuluhan bahaya teroris dan faham radikalisme, penyuluhan bela Negara, penyuluhan peternakan, penyuluhan narkoba, penyuluhan pertanian serta penyuluhan hukum juga dapat diselesaikan.

Sementara Bupati Batubara Bapak Ir.H.Zahir,M.AP menegaskan bahwa TMMD yang dilaksanakan tahun ini merupakan pembangunan yang melibatkan kekuatan dan kebersamaan antara TNI, Polri Pemerintah dan masyarakat dalam membangun desa. Kegiatan ini yang akan kita tunjukkan bahwa Pemerintah, TNI dan Polri selalu hadir ditengah-tengah masyarakat.

Itu sebabnya lokasi TMMD ini kita jadikan sebagai desa pelopor pembangunan kesejahteraan sosial. Dimana di lokasi TMMD ini ada perbaikan infrastruktur, rehabilitasi rumah, gerakan kebersihan, penghijauan dan berbagai penyuluh pendidikan, kesehatan dan sosial,” katanya.

Ia menuturkan, Selama satu bulan kita bekerja dan akhirnya pekerjaan yang cukup berat ini dapat kita selesaikan dengan tepat waktu. Namun perlu kita sadari bahwa pelaksanaan TMMD ke -104 ini dapat kita maknai betapa dekatnya masyarakat dengan TNI, Polri dan Pemerintah dalam saling dukung untuk melaksanakan pekerjaan yang akhirnya dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Pada kesempatan ini juga kita akan memberikan bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni sabanyak 223 kepala keluarga. Bantuan stimulan untuk rehabilitasi perumahan secara swadaya ini merupakan bantuan pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rendah agar meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan atau peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana dan utilitas umum,” ujarnya. (SY)

EPAPER BONGKARNEWS

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas