Kabupaten Dairi Siap Untuk Digitalisasi Peningkatan Kesejahteraan Petani Melalui Pemotongan Jalur Distribusi Bersama Agretail.id

DAIRI | bongkarnews.com – Hal itu disampaikan oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu saat mengikuti Web Seminar (webinar) lewat video conference yang diadakan oleh Direktorat Pengembangan Ekonomi Lokal Kementrian Desa pada Jumat (26/6/2020).

 

Bacaan Lainnya

Bupati Dairi Eddy Berutu mengatakan, sebelum covid-19 melanda seluruh daerah di Indonesia tanpa terkecuali di Kabupaten Dairi, Pemerintah Kabupaten Dairi telah banyak melakukan kerjasama dalam rangka memperbaiki hasil produksi serta meningkatkan produktifitas pertanian dengan menerapkan smart farming.

 

Fokus untuk pengembangan pertanian di Kabupaten Dairi dikatakan Beliau adalah pengembangan produksi kopi karena Kopi Sidikalang yang sudah sangat terkenal sejak dari dulu.

 

“Pengembangan produksi Kopi Sidikalang kami lakukan dengan baik, mulai dari packing (kemasan) dan sudah kami pasarkan hingga ke beberapa daerah bahkan hingga ke manca negara,” ujar Bupati.

 

Namun, setelah covid-19 melanda seluruh daerah, seluruh aktifitas khususnya di bidang pertanian menjadi ikut terhenti untuk sementara waktu. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Pemerintah Kabupaten Dairi lebih banyak melakukan fokus kepada penanganan covid-19. Ditengah pandemi covid-19 yang sedang melanda, dikatakan Pemerintah selalu melakukan upaya untuk kembali meningkatkan produktifitas pertanian di Kabupaten Dairi.

 

“78% masyarakat Kabupaten Dairi adalah bertani. Untuk tanaman holtikultura, Kabupaten Dairi memiliki tanaman yang beragam seperti sayur, cabai, bawang bahkan hingga buah durian yang juga sangat terkenal akan rasa dan nikmatnya. Untuk perkebunan ada kopi maupun cokelat dan jeruk” papar Eddy Berutu.

 

Pemerintah Kabupaten Dairi dikatakan Beliau sangat mengharapkan akan adanya dukungan dari Kemetrian Desa serta dari pihak start up seperti Agretail.id sehingga mampu memberikan semangat yang baru dalam peningkatan produksi dan produktifitas pertanian.

 

“Kami siap untuk bekerjasama siap menjadi contoh untuk digitalisasi ini, nanti kita akan pilihkan produk unggulan untuk dimasukkan ke dalam Agretail.id,” pungkas Eddy Keleng Ate Berutu.

 

Sebelumnya Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Samsul Widodo dalam webinar tersebut mengatakan pihaknya berharap kepada Agretail.id untuk dapat memperpendek jalur distribusi serta dapat membantu dalam proses pemasaran produk.

 

“Ke depan Agretail diharapkan dapat membantu permodalan juga, namun yang paling siap saat ini adalah di proses pemasaran produk,” ujar Samsul Widodo. Samsul Widodo mengatakan sangat menyambut dengan baik upaya yang dilakukan oleh Agretail dimana Agretail nantinya sebagai wadah bagi para petani untuk membantu memasarkan produk pertaniannya.

 

Sementara itu CEO Agretail.id Rihsan Awaludin mengatakan semenjak Februari 2020 Agretail sudah merambah ke beberapa kota di Indonesia dan sangat disambut dengan baik oleh para pengusaha di beberapa kota tersebut. Ia mengatakan Agretail hadir ditengah tengah masyarakat petani untuk menyerap seluruh produk pertanian para petani yang berbasis dengan agro. Dalam pelaksanaan pemasaran produk pertanian yang telah diserap tersebut, Ia mengatakan Agretail juga turut bekerjasama dengan berbagai start up yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, BliBli dan Shopee sehingga potensi produk petani yang ada di suatu desa bisa tembus ke pasar lokal maupun internasional.

 

“Yang sudah kita jajaki kerjasama saat ini adalah dengan Tokopedia dan sudah ada di Bogor dan Bandung,” jelasnya dalam  webinar tersebut.

 

Turut hadir mendampingi Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu yakni Plt. Kepala Dinas Pemerintahan dan Desa Kabupaten Dairi Junihardi Siregar, Plt. Dinas Pertanian Kabupaten Dairi Bintoha Angkat, Camat Sidikalang Robot Simanullang, Camat Parbuluan Rafael Siringo-Ringo, Camat Sitinjo Nelfita Tanjung serta PPL Dinas Pertanian Kabupaten Dairi.

 

 

(BD.007)

Pos terkait