Jerit Kasek Soal Dana BOS

LANGKAT | Bongkarnews.com – Kepala sekolah (Kasek) khususnya di Langkat tak bisa tenang. Mereka harus putar otak mengupayakan duit demi optimalisasi belajar mengajar. Sedangkan dana yang diharapkan cair lewat program pemerintah yakni dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hingga kini belum juga cair.

Telat kucurkan dana BOS untuk triwulan I tahun 2018. Nada sumbang pun tertuang dari sejumlah Kasek SD Negeri di Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat baru-baru sesuai diperoleh BN di lapangan.

“Jadi kadang kami harus mencari utang demi kelangsungan proses belajar. Ya, jaminan kami utang dilunasi apabila dana BOS cair. Tapi hingga sekarang belum ada tanda-tandanya pengucuran dana itu,” keluh salah seorang kepala sekolah.

Di mana kendalanya ?… Menurut sejumlah sumber Kasek di depan eks kantor UPT Dinas Pendidikan Selesai yang sudah dibubarkan, mengaku dalih kelengkapan administrasi selalu saja ada yang salah. “Sehingga kami terpaksa bolak-balik mengurusnya ke bekas kantor UPT ini, termasuk bertemu dengan oknum K3S Kecamatan Selesai inisial SK,” tutur mereka.

Bahkan sejumlah Kasek menilai oknum K32 berinisial SK dinilai tidak profesional mengerjakan tugasnya. “Padahal ujung tombak berbagai keperluan administrasi dan sebagainya di UPT ini sejak bubar berada di pundak oknum SK, termasuk kelengkapan administrasi untuk pencairan dana BOS,” tukas sumber Kasek.

Sementara itu oknum K3S SK belum berhasil dikonfirmasi Wartawan atas kiprahnya selaku ujung tombak pasca UPT ini bubar. Sedangkan sumber di eks kantor UPT ini mengatakan terlambatnya pencairan dana BOS ini karena adanya kesalahan administrasi yang belum beres, dan sumber orang dalam ini juga mengakui mereka saat ini seperti anak ‘ayam kehilangan induk’, kerana mantan Ka. UPT Amansyah Ginting sudah dilantik menjadi Sekretaris Disdukcatpil Langkat berkantor di Stabat. (MR)

Langkat : 27 April 2018. Penulis Berita : Munir Rangkuti.
Ket : SK ( Surya Kamal ).

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas