Jalan Lintas Siak-Pakning Rusak Parah dan Sering Makan Korban

SIAK | Bongkarnews.com – Jalan poros Siak-Pakning sepanjang lebih kurang 10 KM akan melalui jalan berlobang sekitar 30 titik, jalan yang cukup parah sekitar 17 titik di jalan lintas di kampung Laksamana, kampung Rempak dan kampung Selat Guntung, kecamatan Sabak Auh kabupaten Siak, Riau.

Beberapa bulan lalu satu orang warga, Rudi Hartono (34) warga kampung Selat Guntung, kecamatan Sabak Auh, merangang nyawa di tempat akibat kecelakaan lalu lintas bertabrakan dengan minibus pic up zebra. Dari keterangan yang digali di lapangan, diduga kecelakaan diakibatkan jalan rusak. Diwaktu yang bersamaan korban pengemudi minibus sama-sama menghindari jalan berlobang, maka terjadilah tubrukan keras.

“Diduga korban, Rudi Hartono, diwaktu yang bersamaan dengan sopir minibus sama-sama menghindari jalan berlobang, maka terjadilah kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal di tempat”, ungkap warga sekitar TKP, yang namanya tidak mau dipublikasikan.

Dari pantauan media ini dilapangan 30 titik jalan rusak sekitar 17 titik jalan dikategorikan rusak parah dan rawan dilalui.Jika melintasi jalan tersebut, beberapa jejak rem kenderaaan roda empat mendadak akan kita temui, barangkali pengemudi tersebut terperogok dengan jalan yang cukup parah.

” kita harus ekstra hati-hati saat melintasi jalan disepanjang kampung Laksamana, kampung Rempak dan kampung selat Guntung, jika tidak kenderaaan kita bisa terguling dikarenakan jalannya berlobang yang cukup dalam”, jelas, Lukman, pengemudi sekaligus pedagang yang kerap melintasi jalan tersebut. Cukup beresiko jika kita lewat jalan berlobang, terutama jika kita bermuatan harus hati-hati,” urai, sopir mengingatkan.

Mengenai jalan yang rusak penghulu kampung Laksamana sangat mengharapkan pemerintah setempat terutama Pemprop Riau peduli dengan kondisi jalan yang parah.

“Kita sangat menginginkan jalan yang rusak parah sesegera mungkin diperbaiki Pemprop Riau, guna menghindari terjadinya kecelakaan seperti yang menimpa warga kampung selat Guntung yang merangang nyawa ditempat disamping pengemudi yang tidak hati-hati juga akibat jalan yang rusak”, kata, penghulu kampung Laksamana.

Mohon kiranya jalan tersebut diperhatikan, mengingat akses jalan merupakan jalan lintas Siak-Pakning-Dumai juga jalan alternatif jalan lintas sumatra, karena jalan tersebut jika warga Jambi atau Palembang mau menuju Sumut tanpa melalui kota Pekanbaru dan Duri dapat melalui jalan lintas Siak-Pakning-Dumai, terang kepala kampung, Misbah, sekaligus ketua apdesi Sabak Auh.

Terpisah camat Sabak Auh, Walmala, mengatakan, permasalahan jalan rusak dari tahun lalu sudah kita sampaikan melalui PU Siak, problemanya jalan yang rusak merupakan jalan poros dimana untuk memperbaikinya merupakan wewenang Pemprop Riau.

“Jalan rusak dari tahun lalu sudah kita komunikasi dengan PU Siak, supaya permasalahan ini ditindak lanjuti ke PU Propinsi Riau, karena jalan tersebut untuk progresnya merupakan wewenang PU Riau”, tandas, camat, melalui seluler. (Tonagiani)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *