Sitename

Description your site...

script type="text/javascript"> var uid = '184876'; var wid = '396385';

Ikuti Rembug Desa Nasional, Kadis PMK Siak langsung Cari Ilmu.

887 KALI DIBACA
Ikuti Rembug Desa Nasional, Kadis PMK Siak langsung Cari Ilmu.

Yokyakarta.(BN).Setelah mendampingi Wakil Bupati Siak H. Alfedri menghadiri acara Rembug Desa Nasional 2017, di Kampung Mataraman, Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (26/11/2017).
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Siak Yurnalis, serta Kasi Kelembagaan Masyarakat Kampung dan Adat Oni Weldi, melakukan kunjungan di beberapa lokasi. Dimana lokasi tersebut terletak embung (tempat penampungan air) yang ada di sekitaran kota Yogyakarta. Salah satunya embung ngelanggran dan embung Sumbermartani.
Pengelola embung ngelanggran Subarjo, mengaku terkejut dengan adanya kunjungan dadakan dari Kadis DPMK Siak tersebut, “saya kaget orang dari Siak datang ke sini, dan maaf sambutannya sangat sederhana hanya segelas kopi dan tiga bijik buah durian”.
Dalam kesempatan itu, Subarjo sedikit menjelaskan tentang embung ngelanggran. Embung ini awalnya kami buat karena daerah puncak gunung kidul ini sering kekurangan air, dan banyak pohon di lahan perkebunan yang mati ketika musim kemarau. Oleh karena itu Embung ini di buat agar ketika musim kemarau tiba, perkebunan di sekitar embung tidak kekurangan air.
“Embung ngelanggran yang terletak di Desa Ngelanggran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul yang di resmikan pada tahun 2013 lalu itu. Berfungsi sebagai tempat untuk menampung air hujan, dan nantinya air di embung itu akan di aliri ke kebun yang berada di sekitar embung. Dengan meletakkan pipa paralon yang sudah di aliri air, mulai dari embung sampai ke setiap pohon di perkembunan buah tersebut”, jelas pengurus embung sekaligus pengurus kebun buah itu.
Kemudian, Yurnalis juga menyampaikan maksud dan tujuannya mengunjungi embung ngelanggran tersebut. “Saat mengikuti rembug desa tadi, ternyata dana desa yang kucurkan setiap tahun bisa di pakai untuk membuat salah satu bangunan penunjang ekonomi masyarakat, salah satunya pembangunan embung”.
“Dalam rembug itu juga di sebut embung ngelanggran merupakan embung yang sukses berfungsi, dan terbukti dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar nya dengan cara menyuburkan perkebunan masyarakat sekitar embung”, kata Yurnalis.
Lanjut Kadis PMK itu, setelah kunjungan ini, nantinya kita akan mencoba membangun embung di Siak, akan tetapi embung di Siak nantinya akan berfungsi untuk mengairi sawah dan juga pembangunannya sesuai dana yang kita miliki.
Selain itu tambah Yurnalis, tahun depan kami akan adakan program kunjungan kerja ke badan usaha milik desa (Bumdes) yang telah sukses, sehingga bisa mensejahterakan masyarkat sekitarnya. Kami ingin Bumdes di Siak juga seperti itu.(Hms)

script type="text/javascript"> var uid = '184876'; var wid = '396385';
script type="text/javascript"> var uid = '184876'; var wid = '396385';