Hj Rita Maharani Ajak Wanita Millenial Kota Medan Lanjutkan Perjuangan Kartini

Medan | Bongkarnews.com- Dilandasi semangat perjuangan mengangkat harkat dan martabat perempuan yang dilakukan Raden Ajeng Kartini, Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani mengajak seluruh kaum wanita milenial di Kota Medan untuk terus melanjutkan semangat perjuangan tersebut. Salah satunya dapat diwujudkan dengan  menciptakan generasi emas yang tangguh dan berakhlakul karimah dalam keluarga.

Menurut Hj Rita, perjuangan RA Kartini telah membawa dampak yang sangat luar biasa. Saat ini paparnya, banyak kaum wanita berada di posisi kepemimpinan bukan hal yang tabu lagi, namun adat ketimuran bangsa  masih tetap di junjung tinggi. Oleh karena itu, sebagai kaum wanita hendaknya tetap menjaga kodrat sebagai istri dan seorang ibu, sekalipun wanita karier yang berkarya dan berprofesi di bidang apapun.

“Tugas utama sebagai pendamping suami dan ibu dari anak-anak kita, merupakan tugas yang jauh lebih berat jika dibandingkan dengan profesi apapun. Karena dimulai dari keluarga akan lahir generasi-generasi penerus harapan bangsa’, kata Hj Rita Maharani ketika menghadiri Perayaan Hari Kartini yang digelar Pemko Medan di Gedung Dharmawanita Medan, Jalan Sri Rotan, Selasa (30/4).

Atas dasar itulah melalui momentum peringatan Hari Kartini, Hj Rita mengajak Kartini- Kartini di masa kini untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik  sebagai pendamping suami, sebagai ibu dari anak-anak tercinta maupun sebagai  wanita karier di bidang profesinya masing-masing.

“Dengan semangat Kartini, mari kita jalin persatuan dan kesatuan bangsa tanpa membedakan agama, suku dan ras karena perbedaan itu justru akan memberikan warna dalam kehidupan yang kita jalani. Setidaknya momentum ini dapat membuat rasa nasionalisme kita semakin tumbuh, untuk menyegarkan semangat kita maupun  meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam membangun masyarakat yang berdaya dan sejahtera” ajaknya.

Kemudian Hj Rita berharap  agar peringatan Hari Kartini tidak sekedar mengenakan busana nasional maupun kegiatan yang bersifat sementara, tetapi merupakan sesuatu yang bersifat perjuangan  karena itu lebih berguna bagi diri pribadi, keluarga, orang lain bahkan untuk negara.

“Hari Hartini kita peringati sebagai penghormatan atas wujud perjuangan kaum wanita, simbol persamaan gender dan emansipasi wanita. Saat ini tidak sedikit kaum wanita yang mampu mencitrakan diri sebagai sosok wanita yang dicita-citakan Kartini, wanita yang cerdas, berprestasi, berdedikasi bagi keluarganya dan masyarakat, serta menjadi inspirasi bagi wanita lainnya,” paparnya.

Peringatan Hari Kartini yang dimeriahkan dengan berbagai perlombaan seperti lomba menyanyi Lagu Ahoi, lomba berbalas pantun serta lomba menari Ahoi turut dihadiri Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Sekda Kota Medan Ir Wirya Alrahman MM. Dalam sambutannya, Sekda berharap  agar perayaan Hari Kartini dapat dijadikan sebagai motivasi untuk melakukan gerakan – gerakan pembaharuan dalam mendukung program -program pembangunan Kota Medan, khususnya dalam upaya mensejahterakan dan memberdayakan masyarakat.

“Melalui peringatan Hari Kartini ini, mari jadikan sebagai motivasi dalam melakukan gerakan pembaharauan dalam mendukung program pembangunan di Kota Medan, terutama dalam mensejahterakan dan memberdayakan masyarakat,” imbau Sekda.

Selanjutnya Sekda mengatakan, ibu-ibu TP PKK Kota Medan merupakan Kartini masa kini, sebab peran mereka sangat besar dalam mensejahterakan dan memberdayakan masyarakat selama ini. Apalagi seiring perkembangan zaman, wanita saat ini semakin berkembang dan banyak berpartisipasi di berbagai bidang kehidupan, baik bidang sosial, ekonomi maupun politik..

Untuk itu atas nama Pemko Medan, Sekda mengucapkan selamat Hari Kartini bagi seluruh kaum wanita di Kota Medan. Kemudian Sekda mengajak untuk terus melanjutkan perjuangan Kartini dan menghayati serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan Hari Kartini ditutup dengan pengumuman pemenang sejumlah perlombaan dan penyerahan hadiah oleh Sekda dan Ketua TP PKK. Untuk lomba berbasal pantun, juara pertama diraih Kecamatan Medan  Deli, juara 2 diraih Kecamatan Medan Barat dan  juara 3 diraih Kecamatan Medan Tembung.

Selanjutnya untuk lomba menyanyi Lagu Ahoi, Kecamatan Medan Marelan keluar sebagai juara pertama, Kecamatan Medan Selayang juara kjedua dan Kecamatan Medan Deli sebagai juara ketiga. Kemudian untuk lomba Tarian Ahoi, juara pertama diraih Kecamatan Medan Barat, juara 2 ditempati Kecamatan Medan Sunggal dan Juara 3 diraih Kecamatan Medan Tembung. (ft)

 

EPAPER BONGKARNEWS